Kodim dan Pemda Loteng Bersinergi Galakan Budidaya Ikan Air Tawar

Lombok Tengah, Talikanews.com – Perekenomian masyarakat Loteng turun akibat pandemi Covid-19. Ketersediaan pangan sebagai penopang keberlangsungan hidup mulai berkurang, melihat kenyataan itu TNI dan Pemda Loteng tergerak membantu masyarakat dalam rangka penguatan ketahanan pangan didaerah melalui program budidaya ikan air tawar.

Pelepasan benih Ikan Air Tawar dilakukan Dandim 1620 Letkol Inf I Putu Tangkas Wirayawan, bersama Wakil Bupati Lombok Tengah H.L.Pathul Bahri bersama kelompok Tani Beriuk Maju, di Dusun Ujan Rintis Desa Mertak Tombok Kecamatan Praya dalam rangka Program Koramil Unggulan.

Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, mengatakan, Kegiatan budidaya ikan adalah program Pangdam IX/Udayana yang baru Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Dimana sebelumnya program ini telah pernah sukses dijalankan di wilayah Jawa Tengah. Dan saat ini program ini digalakkan kembali di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana.

“Kodim 1620/Loteng menjalankan program tersebut ada dua tempat yakni Budi daya ikan di Desa Mertak Tombok Kecamatan Praya dan Budi daya ayam petelur di Kecamatan Praya Timur,” ujarnya, Selasa 5 Januari 2020.

Dandim menambahkan tujuan dari program ini adalah mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi dan juga dijadikan lomba yang tujuannya kodim bersama jajaran Kodam mewujudkan ketahanan pangan di wilayahnya.

Dandim optimis kegiatan ini akan berhasil namun dari itu yang lebih penting mewujudkan sinergitas TNI dengan semua unsur yang ada di masyarakat untuk sama-sama bertekad memperkuat ketahanan pangan daerah.

Wabup Loteng HL Pathul Bahri, mengatakan Kabupaten Lombok Tengah selain memiliki potensi pertanian yang cukup besar, tetapi juga memiliki potensi perikanan darat yang cukup menjanjikan.

Lombok Tengah memiliki daerah dengan tiga potensi pengembangan, yakni wilayah utara dengan potensi pertanian dan perkebunan, wilayah tengah dengan potensi industri dan pusat pemerintahan dan wilayah selatan dengan potensi laut atau bahari.

“Untuk wilayah utara yang punya potensi perikanan antara lain ada di Batukliang, Batukliang Utara, Kopang, Pringgarata dan Jonggat, wilayah ini adalah daerah produksi perikanan darat” ujarnya.

Program ini kata dia, memiliki peran penting dalam rangka memberikan asupan nutrisi dan gizi bagi masyarakat sehingga dengan gizi yang baik maka masyarakat akan sehat dan cerdas.

Selain sebagai ajang silaturahmi antara aparat TNI dengan kelompok petani peternak ikan di Kabupaten Lombok Tengah, tetapi juga dalam rangka memberikan kehidupan yang layak bagi masyarakat melalui ketahanan pangan yang memadai.

Pemda Loteng menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas perhatian TNI dalam rangka menyehatkan masyarakat melalui makanan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

“Pemda Loteng akan support kegiatan TNI di masyarakat agar program dapat berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil” jelasnya.

Dinas Perikanan dan kelautan Lombok Tengah juga kelompok Tani diharapkan selalu bersinergi dalam setiap program yang dikembangkan oleh Kodim 1620/Loteng untuk mewujudkan ketahanan pangan khususnya di Lombok Tengah.

“Kegiatan ini harus ditiru oleh masyarakat dimana TNI Polri telah memberikan contoh untuk memajukan daerah Lombok Tengah,” tutupnya.

Selanjutnya Pukul 11.05 wita pelepasan bibit ikan air tawar oleh Wabup Loteng HL Pathul Bahri, bersama Dandim 1620/Loteng. (TN-03)

Related Articles

Back to top button