Pandemi Covid-19, Event “Bau Nyale” 2021 di Pantai Seger Kuta Lombok terancam di Tiadakan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Event tahunan “Bau Nyale” atau menangkap cacing Laut di Pantai Seger Kuta Lombok Tengah, tahun 2021 ini terancam di tiadakan. Hal itu disebabkan adanya pandemi Covid-19.

Bahkan, Pemerintah Daerah Lombok Tengah dan Provinsi NTB belum berani memastikan, tanggal kegiatan, kalaupun bulan sudah biasa diselenggarakan yakni pada bulan Februari.

Pelaksana Tugas Sekda Lombok Tengah, HL Idham Khalid mengatakan, Event Bau Nyale ini memang menjadi pemikiran bersama, karena selama ini Event tersebut selalu dikemas semenarik mungkin untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung ke Nusa Tenggara Barat khususnya Lombok Tengah.

“Sebenarnya event ini sudah masuk kalender Event Nasional yang di selenggarakan sekali dalam setahun oleh Pemerintah Provinsi NTB di dukung Pemerintah Daerah Lombok Tengah. Namun, adanya penyebaran virus Covid-19, sampai hari ini kita belum membahas bagaimana teknis pelaksanaanya,” ungkap HL Idham Khalid, Senin 4 Januari 2020.

Idham Khalid menegaskan, kalaupun misalnya event tersebut diselenggarakan, pihaknnya berharap agar pelaksanaannya tetap mengedapankan protokol kesehatan yang cukup ketat, mengingat masyarakat yang akan datang pada event tahunan ini jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu orang.

“Bau Nyale ini merupakan tradisi masyarakat Lombok Tengah. Jadi, sulit untuk membendung kedatangan pengunjung yang ingin menangkap Cacing Laut itu,” kata dia.

Senada disampaikan Kabag Humas dan Protokol Sekda Lombok Tengah H Lalu Herdan. Pemerintah Daerah rasanya tidak bisa membendung kedatangan Masyarakat yang ingin menangkap cacing Laut itu. Hanya saja langkah yang akan ditempuh yakni, kemungkinan tidak akan mengadakan hiburan seperti pada event sebelumya yang bersifat mengumpulkan masa.

“Pegelaran event tetap di adakan karena, penentuan jadwalnya (sangkep beleq) akan di lakukan bulan Januari ini, tetapi pelaksanaan evet kali ini tidak seperti tahun sebelumnya disebabkan masih pandemi,” tutup Herdan. (TN-03)

Related Articles

Back to top button