Diberitakan Terkait Bantuan 1000 Sapi Tak Sesuai Spesifikasi, Dinas Peternakan Loteng mulai Geram

Lombok Tengah, Talikanews.com – Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah geram atas adanya pemberitaan terkait keluhan kelompok penerima bantuan 1000 ekor sapi yang tidak sesuai janji dan tidak sesuai spesifikasi.

Dimana, dalam pemberitaan itu, Dinas DIY dituding melakukan pembohongan terhadap penerima manfaat karena Sapi yang dijanjikan tidak sesuai sesuai seperti disampaikan Dinas.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Loteng, Lalu Iskandar menegaskan terkait penyaluran bantuan 1000 ekor sapi itu bukan wewenangnya. Melainkan memfasilitasi dan mendukung dari sharing bersumber dari APBD membangunkan jalan usaha tani.

“Kalau mau dipersoalkan silahkan saja karena, kami tidak ada masalah terkait hal itu dan yang punya wewenang itu adalah pemerintah pusat, kita hanya penerima manfaat,” ungkap Iskandar, Selasa 29 Desember 2020.

Iskandar mengatakan, adanya perbedaan ukuran dan berat ternak Sapi uang diterima peternak sendiri, bukan wewenang Dinas, tetapi itu ada juknis sebagai dasar bekerja.

“Untuk penyaluran bantuan sapi itu sudah ada juknis sebagai dasar bekerja dan apa yang di beritakan tentang nilai kontrak Rp 35 juta per ekor, tidak benar, yang benar adalah Rp 15 juta,” ujar Iskandar

Iskandar mengaku, bukan tidak mengetahui persoalan itu, namun ada tim teknis di tingkat kabupaten, sehingga dirinya tidak berani menyampaikan hal yang terlalu detail karena tidak ada wewenang.

Dirinya juga tidak pernah menentukan siapa yang akan menjadi pembeli sapi bantuan itu, apalagi menentukan spek juga pemenang.

“Kita bukan penentu, kalau mau tau lebih detilnya silahkan hubungi person penyedia, supaya tidak memperkeruh suasana,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button