Rohman Rofiki asal NTB Dinobatkan sebagai Promotor Desa Terbaik se-Indonesia

Lombok Timur, Talikanews.com – Perayaan Influencer Desa Day Celebration (IDDC) se-Indonesia yang di selenggarakan oleh Influencer Desa, merupakan moment kebahagiaan bagi Rohman Rofiki.

Pemuda asal Tembeng Putik, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini masuk 20 besar promotor desa terbaik urutan ke 14 dari ratusan peserta se-Indonesia.

Penobatan IDDC itu diumumkan langsung oleh Rubianto Cahyo selaku Presiden Influencer Desa Indonesia secara virtual, hari Sabtu 26 Desember 2020.

Pada kesempatan itu, Rubianto menyampaikan, dalam menentukan promotor terbaik ini, sesuai dengan standar penilaian dan tahapan-tahapan yang dilalui oleh peserta. Baik dari mengisi syarat registrasi, membuat video narasi, pembahasan sumbangsih pemuda sampai mempromosikan potensi-potenai desa mereka.

“Banyak item penilaian yang harus dilalui peserta untuk bisa ditetapkan sebagai nominator promotor desa terbaik,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa 20 promotor terbaik ini akan mengikuti tahapan selanjutnya terkait dengan potensi desa yang telah disampaikan para promotor.

“Nantinya satu orang yang terpilih berkesempatan untuk berkunjung ke Jepang,” kata dia.

Adapun tujuan dari kegiatan ini lanjutnya, agar dapat menciptakan perubahan dan pemuda dapat berkontribusi untuk Indonesia dari gerakan-gerakan desa seperti di bidang pendidikan, pariwisata dan UMKM beserta kegiatan sosial lainnya.

Terpisah, Rohman Rofiki bersyukur atas terpilihnya menjadi 20 promotor terbaik se Indonesia. Dia mengaku, ini merupakan bonus, selain itu memang keharusan memajukan desa.

Lebih lanjut mantan ketua LMND Lotim ini menyampaikan, hal ini dilakukan karena ingin menciptakan perubahan di Indonesia, khususnya di Lombok Timur melalui gerakan Desa.

Dia tidak terlalu memikirkan adanya kesempatan kunjungi Desa-desa yang maju di Jepang itu, karena baginya, fokus kembangkan desa tempat tinggal paling Utama.

” Proses yang penting, hasilnya itu hadiah, tapi saya berharap dari pemerintah Desa, Kabupaten dan Provinsi untuk kita sama-sama bersinergi memajukan desa,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button