Calon Kepala Desa di Lombok Tengah membuat Pernyataan patuh ProKes dan Pilkades Damai

Lombok Tengah, Talikanews.com – Sebanyak 64 calon kepala desa yang akan berkompetisi dalam Pilkades di Kabupaten Lombok Tengah, membuat pernyataan patuh protokol kesehatan Covid-19 dan Pilkades damai.

Wakil Bupati Loteng, H Lalu Pathul Bahri menyampaikan, kepemimpinan di suatu wilayah itu tidak boleh kosong. Mengingat akan pentingnya keberadaan seorang pemimpin, Pilkades disegerakan dan pada Pilkades ini, di harapkan dapat melahirkan pemimpin yang mampu membawa desa lebih baik kedepan.

Begitu halnya kepada masyarakat, beberapa waktu lalu, telah dihadapkan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada), kini masyarakat dihadapkan dengan Pilkades. Oleh sebab itu di harapkan dapat memilih calon pemimpin sesuai hati nurani.

“Mudah mudahan Pilkades di 16 desa ini dapat melahirkan pemimpin yang bisa membawa perubahan ke lebih baik lagi,” ujar Pathul Bahri, Senin 21 Desember 2020.

Selain itu Pathul juga meminta kepada seluruh calon kades yang akan ikut memperebutkan kursi kepemimpinan itu supaya menjaga menjalankan Pilkades damai dan taat protokol kesehatan covid-19 serta siap sedia menang atau kalah.

“Saat ini virus covid-19 masih menjadi hal yang menghawatirkan bagi kesehatan masyarakat. Untuk itu, pada proses Pilkades tanggal 23 Desember nanti penyelenggara harus menekankan prokes covid-19,” kata Pathul

Disatu sisi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Tengah, Drs Jalaludin mengatakan
Pilkades di 16 desa ini sempat di tunda 3 kali. Sebelumnya di rencanakan 22 April 2020 tapi itu batal, kemudian tanggal 26 Agustus 2020 kembali gagal dan akhirnya pelaksanaan ditetapkan hari Rabu 23 Desember 2020.

“Penundaan itu akibat meningkatnya virus covid-19 di Indonesia. Tetapi kali ini Pilkades sudah siap digelar,” ungkap Iskandar.

Dalam pelaksanan pilkades tahun ini, pihaknya mendapatkan anggaran sebesar Rp 1,2 Miliar, diperuntukkan pengadaaan surat suara, honor petugas TPS dan biaya kebutuhan logistik lainya.

“Untuk surat suara semua sudah siap tinggal didroping besok pagi (hari ini, red) ke 16 TPS yang ada di 16 Desa, artinya kami sudah siap menggelar pilkades,” tutupnya

Untuk diketahui, salah satu perwakilan dari calon kepala desa membaca dan menadatangai surat pernyataan Pilkades damai dan taat protokol kesehatan covid-19. (TN-03)

Related Articles

Back to top button