Tim Rescue Pos Siaga SAR Mandalika Diturunkan Menjaga keamanan Kompetisi Surfing 2020

Lombok Tengah, Talikanews.com – Tim rescue Pos Siaga SAR Mandalika diturunkan untuk menjaga dan mengamankan proses kompetisi peselancar 2020 di Pantai Seger Lombok Tengah, Sabtu 19 Desember 2020.

Tim rescue terlihat membersihkan dan mengecek peralatan air seperti jetski, perahu karet, life jacket, ring buoy dan lain sebagainya.

“Kami melaksanakan siaga SAR khusus kompetisi selancar bersama pihak terkait di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah selama empat hari,” kata Koordinator Pos Siaga SAR Mandalika Ahmad Irsan di Lombok Tengah.

Dia menjelaskan, kegiatan itu digelar Mandalika Hotel Association (MHA) sejak tanggal 16 sampai dengan 19 Desember 2020. Kompetisi itu di ikuti ratusan peserta dari berbagai wilayah Indonesia seperti Sumatera Barat, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Ada juga beberapa peserta Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia yaitu WNA dari Australia, Brazil, Amerika, Rusia, dan Afrika Selatan.

“Siaga SAR khusus merupakan siaga yang dilaksanakan dengan mendekatkan dan menggelar sumber daya Pencarian dan Pertolongan pada wilayah dan/atau situasi khusus yang berpotensi menimbulkan kecelakaan (pesawat udara, kapal, dan penanganan khusus), bencana, dan kondisi membahayakan manusia,” ungkapnya.

Siaga SAR Khusus ini lanjutnya meliputi, hari libur nasional, hari besar keagamaan, hari perayaan tradisi dan budaya, kemudian unjungan pejabat tertinggi dan tinggi negara. Tidak lupa kegiatan pariwisata, olahraga internasional, nasional dan daerah, dan Pada status bencana.

“Kami melaksanakan siaga personil dan alut di sekitar lokasi kegiatan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan selama kegiatan berlangsung,” tutup Irsan. (TN-red)

Related Articles

Back to top button