Cara Dislutkan NTB Tekan Biaya Operasional Budidaya Ikan dengan Gelar Bimtek Pembuatan Tepung Ikan

Mataram, Talikanews.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB menggelar bimbingan teknis (Bimtek) cara menekan biaya operasional budidaya ikan dengan pembuatan tepung ikan.

Bimtek itu dilakukan karena tepung Ikan merupakan salah satu produk pengawetan Ikan berbentuk kering atau memiliki kadar air yang rendah di bawah 8 persen.

Produk Tepung Ikan biasanya di gunakan untuk olahan pakan kkan, ternak atau binatang peliharaan, bahan kue dan penambah rasa makanan.

Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi NTB H. Yusron Hadi menjelaskan, pada usaha perikanan, pakan ikan merupakan komoditi yg memiliki harga fantastis karena 70 persen biaya operasional dari budidaya ikan adalah pembelian pakan ikan dan merupakan salah satu kendala yang dialami petani/pembudidaya ikan.

Mengatasi hal tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB melaksanakan Bimtek pembuatan tepung ikan, dimana tepung ikan tersebut akan menjadi salah satu bahan pembuatan pakan ikan.

“Kami gelar Bimtek karena sangat dianggap penting dan dibutuhkan,” ungkap Yusron Hadi didampingi oleh Kepala Bidang PDPSPKP Ir. Sri Wijayaningsih, dihadapan para pembudidaya/petani ikan dan penyuluh perikanan dari Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, dan Kota Mataram yang bertempat di Gontoran, Kecamatan Sandubaya, Jumat 18 Desember 2020.

Yusron berharap, bimtek tersebut agar petani/pembudidaya ikan kita bisa terampil dalam membuat tepung ikan sehingga dapat menekan biaya operasional dalam melanjutkan usaha mereka. (TN-red)

Related Articles

Back to top button