Rapat Paripurna HUT ke-62 NTB di DPRD, Momentum Gubernur sampaikan Keberhasilan

Mataram, Talikanews.com – Rapat Paripurna DPRD memperingati HUT ke-62 Provinsi NTB, Rabu malam 16 Desember 2020, di ruang rapat paripurna DPRD NTB, momentum Gubernur, Dr Zulkieflimansyah menyampaikan beberapa keberhasilan pembangunan serta kerjaan kedepan.

Pada kesempatan itu, Gubernur menyampaikan satu hal yang patut disyukuri bahwa, pilkada 9 desember 2020 telah berjalan baik dan lancar. Meski ada sedikit ketegangan di sana-sini, secara keseluruhan, namun cukup tertib dan aman, tidak menimbulkan klaster baru yang mencemaskan.

Sapaan Dr Zul itu memaparkan, sepanjang tahun 2020 ini tidak henti menuliskan catatan demi catatan tentang pandemi covid-19. Sampai hari Selasa, 15 desember 2020 kemarin, wabah ini telah menjangkiti tak kurang dari 5.135 orang di NTB.

Sebanyak 4.353 diantaranya sembuh, 267 meninggal dunia, dan 515 orang masih perawatan. Di NTB dipaksa untuk memenangkan dua pertempuran besar dalam perang melawan pandemi ini. Pertempuran pertama, adalah di sisi penanganan kesehatan. Dengan segala keterbatasan dan sumber daya, diwajibkan menunaikan tiga tugas, yaitu melakukan proteksi, deteksi dan respon terhadap penyakit ini.

Pertempuran kedua, adalah di wilayah pemulihan ekonomi. Sebab, corona tidak hanya menggerogoti kesehatan masyarakat, tapi juga membuat ekonomi lesu dan kehilangan daya dorongnya.

“Disinilah kita butuh stimulus ekonomi bagi warga NTB,” ungkapnya di hadapan anggota DPRD NTB dan para tamu undangan.

Upaya stimulus ekonomi inilah yang dikongkretkan melalui sejumlah program turunan seperti, program industrialisasi, stipark, sepeda listrik, bela dan beli produk lokal, serta jaring pengaman sosial (JPS gemilang).

JPS gemilang ini merupakan wujud keberanian untuk menjadikan pandemi sebagai blessing in disguise. Dimana pemerintah daerah menyalurkan ratusan ribu paket sembako yang isinya merupakan produk-produk UMKM/IKM lokal NTB.

JPS gemilang adalah strategi agar bisa membantu masyarakat kecil, sekaligus mengakselerasi IKM dan UKM di NTB.

Selama tiga bulan, Pemprov NTB telah menyalurkan tak kurang dari 350 ribu paket sembako kepada masyarakat miskin dan hampir miskin yang tidak mendapatkan bantuan JPS pusat, dan kelompok masyarakat sektor formal dan informal serta dunia usaha yang terdampak covid-19.

“Selama itu pula, kita telah melibatkan dan mengakselerasi pertumbuhan dari 4.673 ukm/ikm di NTB. Alhamdulillah, keberanian kita berbuah manis dan kini jps gemilang telah mengantarkan ntb menjadi salah satu daerah yang jadi rujukan nasional dalam strategi pemulihan ekonomi di masa pandemi,”

Dr Zul juga mengutarakan salah satu wujud nyata dari kolaborasi dan saling melengkapi itu, saat ini sedang dibangun bersama antara Pemerintah Provinsi NTB, dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Karena itu, di HUT ini, NTB dan Jawa Barat sedang menggerakkan kolaborasi untuk saling bantu di banyak bidang.

“Menghadapi perhelatan motogp 2021, ntb akan kebanjiran tamu. Untuk itu, kita perlu menyiapkan banyak suguhan,” kata dia.

Adapu yang perlu disuguhkan yaitu, produk-produk industri kreatif. Dalam penyediaan produk inilah, butuh dukungan dari banyak pihak. Tak terkecuali dari daerah-daerah lain di Nusantara. Karena itulah, kolaborasi dengan Provinsi Jawa Barat ini sangat penting.

“Kolaborasi ini, antara lain akan terwujud melalui penandatanganan letter of intent Jabar – NTB connection,” tuturnya.

Tidak itu saja, kerjasama Jabar – NTB ini juga akan diwujudkan dalam sektor pariwisata, industri kreatif, pendidikan, perdagangan dan investasi. kerjasama dengan jawa barat ini, nanti akan diwujudkan dengan terbentuknya sebuah komite yang dinamakan komite kreasi Jabar dan NTB.

Sebuah komite yang bertanggung jawab terhadap berjalannya kerjasama kedua belah pihak. Di HUT NTB yang berbahagia ini, akan merayakan catatan sejarah baru kelahiran sejumlah terobosan NTB di bidang industri, investasi dan penguatan ekonomi lokal.

Hari tanggal 17 Desember, akan meluncurkan aplikasi silamo, aplikasi e-mall, bus disabilitas, penyerahan sut & srut sepeda listrik, fabrikasi sepeda listrik dan motor listrik (ngebuts, le-bui dan metric-b) oleh UKM NTB, 2163 unit mesin dan perkakas buatan lokal yang akan dibagikan ke UKM, NTB Mall sebagai bagian dari digitalisasi marketing untuk UKM dan UKM, sistem informasi posyandu (sip), mahadesa (bumdes & gne) dan lomba logo MotoGP Mandalika.

Dengan diluncurkannya program dan terobosan-terobosan ini, akan menancapkan tonggak baru, sebagai satu dari ribuan langkah maju yang akan ditempuh, bagi kebaikan NTB tercinta.

“Sungguh, ada banyak harapan dan kerja besar yang menunggu kita di masa depan. kita berharap, allah swt – tuhan yang maha kuasa, selalu memberikan anugerah-nya untuk kita semua,” tutupnya.

“Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah, pimpinan dan anggota dewan yang terhormat, serta semua stakeholders pembangunan atas segala perhatian, dukungan dan kerjasama yang baik selama ini,” pungkasnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button