Kenakan Pakaian Adat, DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT NTB ke-62, Ini Paparan Keberhasilan

Mataram, Talikanews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar rapat paripurna HUT Provinsi NTB ke-62 tahun 2020. Pada rapat resmi tersebut, semua anggota Dewan dan tamu undangan mengenakan pakaian Adat berbagai suku.

“Pakaian Adat ini merupakan salah satu wujud kecintaan kita, kepada daerah. Atas nama pimpinan dan seluruh anggota dewan, dari relung hati terdalam kami sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkesempatan hadir memenuhi undangan kami pada malam hari ini, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19,” ungkap pimpinan sidang juga ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda, Rabu malam 16 Desember 2020.

Tak lupa politisi Partai Golkar itu melantunkan pantun “jalan-jalan ke jati asih dari pagi hingga petang, kami sangat berterima kasih pada bapak ibu yang sudah datang”.

Isvie menyampaikan, rapat paripurna ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-62 Provinsi NTB , yang dilaksanakan saat pandemi wabah virus corona, dimana dampak yang ditimbulkan tidak hanya pada aspek kesehatan tetapi juga berimbas pada aspek ekonomi dan aspek sosial.

Wabah virus corona yang mulai dirasakan sejak awal tahun ini, telah memakan banyak korban jiwa, sehingga terus melakukan edukasi kepada masyarakat, melakukan alih fungsi anggaran, mengkonsolidasikan seluruh kekuatan dengan melibatkan berbagai stakeholders, dengan mengedepankan program kerja yang terukur dan terarah, agar pelaksanaan penanganan wabah virus corona ini dapat berjalan efektif dan bertanggung jawab.

“Kepada seluruh masyarakat NTB, saya menghimbau untuk menjaga kesehatan masing-masing, dengan mentaati himbauan pemerintah dengan menerapkan 3 m, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” pintanya.

Tidak hanya itu, harus membiasakan dan mewajibkan diri untuk mematuhi protokol kesehatan merupakan salah satu kunci agar virus covid-19 dapat ditekan penyebarannya. Namun, dibutuhkan perilaku disiplin dari diri sendiri, juga sangat perlu untuk dilakukan secara kolektif dengan penuh kesadaran.

Menurut Isvie tema HUT ke-62 NTB yakni “NTB gemilang – indonesia maju” merupakan gambaran cita-cita masyarakat NTB untuk meraih kesuksesan di segala bidang sehingga mendorong terwujudnya indonesia maju yang adil, makmur dan sejahtera.

Dalam usia 62 tahun ini, telah banyak keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan, sehingga menjadi suatu prestasi yang membanggakan, walaupun masih ada hal-hal yang perlu ditingkatkan.

“Patut kita sadari bahwa apa yang telah kita capai sekarang bukanlah semata-mata hasil kerja kita yang ada saat ini, tetapi juga merupakan bagian dari jerih payah para pendahulu kita untuk membangun daerah kita tercinta ini,” ujarnya.

Oleh karenanya, pada HUT ke-62 Provinsi NTB ini sudah sewajarnyalah mengucapkan terima kasih yang tulus serta mendoakan para pejuang dan tokoh pembagunan daerah kita, senior-senior kita yang telah meletakkan fondasi pembagunan lanjutan sampai saat ini keberhasilan pembangunan secara makro dapat dilihat pada kinerja pembangunan manusia, bersumber pada data statistik BPS, bahwa indeks pembangunan manusia (IPM) mengalami peningkatan dari 67,30 di tahun 2018, terjadi peningkatan menjadi 68,14 pada tahun 2019 dengan pertumbuhan IPM mencapai 1,25 persen.

Sedangkan di tahun 2020 ini meningkat lagi menjadi 68,25 dengan pertumbuhan IPM sebesar 0,16 persen. Angka ini lanjutnya menunjukan kesempatan warga masyarakat ntb memperoleh pelayanan pendidikan, kesehatan dan tingkat pendapatan yang lebih baik.

Selain peningkatan indeks pembagunan manusia (IPM) tersebut, pada tahun 2020 ini Provinsi NTB telah mendapatkan penilaian opini wajar tanpa pengeculian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ke sembilan kalinya selama sembilan tahun berturut turut.

Ini menggambarkan bahwa NTB telah menunjukan performa dan kinerja yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik yaitu good governance.

Pada kesempatan ini juga disampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTB atas berbagai upaya yang sudah dilakukan dalam mengangkat derajat masyarakat dan nama baik di kancah nasional maupun internasional.

Salah satunya yang di tunggu-tunggu adalah penyelenggaraan MotoGP di sirkuit Mandalika yang menjadi salah satu sirkuit terbaik di dunia.

“Lewat pagelaran MotoGP ini, kita memperkenalkan pariwisata ntb kepada dunia, sehingga ntb kita lebih mendunia, kita berikan applause, semoga dengan berbagai prestasi yang sudah diraih tersebut menjadi pemicu semangat bagi kita semua untuk terus berikhtiar, berkarya, dan berprestasi, demi mewujudkan masyarakat NTB yang gemilang,” kata dia.

Isvie juga ingin mengajak pemerintah daerah provinsi dan Kabupaten/Kota se NTB dan seluruh komponen anak bangsa, untuk meningkatkan koordinasi dalam membangun daerah. Jangan terjebak dengan cara pandang dikotomi dan ego kewilayahan, agar sinergitas dan keterpaduan dalam pelaksanaan program pembangunan, dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

Disamping keberhasilan Pemerintah Provinsi yang disampaikan tadi, perlu kiranya juga disampaikan beberapa hal yang telah dilakukan oleh DPRD NTB dalam memberikan kontribusi terbaiknya untuk daerah yang dicintai ini.

Semenjak anggota DPRD Provinsi NTB periode 2019-2024 dilantik pada tanggal 2 september 2019 telah memberikan sumbangsih pemikiran dan tindakan nyata dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat nusa tenggara barat melalui tugas, fungsi dan wewenangnya.

Bersama eksekutif, DPRD telah membahas, menyetujui dan diundangkannya 14 buah peraturan daerah pada tahun 2019 dan 9 buah perda pada tahun 2020, termasuk di akhir tahun 2020 ini, saat ini sedang merampungkan 7 (tujuh) buah rancangan peraturan daerah Provinsi NTB .

Tentu hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, termasuk kinerja yang baik dari badan pembentukan peraturan daerah (bapemperda) DPRD di masa wabah covid-19 yang sedang melanda dunia, termasuk indonesia dan daerah, DPRD turut membantu meringankan beban masyarakat melalui program bantuan jaring pengaman sosial (JPS) berbasis Dapil sebanyak 2 (dua) tahap.

Dimana tahap pertama telah membantu 65.000 paket sembako dan tahap kedua sebanyak 68.965 paket sembako bagi masyarakat yang terkena dampak sosial ekonomi dari wabah covid-19. Disamping itu, anggota dewan turut memberikan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan covid-19, yaitu melalui program sosialisasi peraturan daerah nomor 7 tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular yang dilaksanakan di 195 titik/lokasi yang mengikutsertakan tidak kurang dari 29.000 masyarakat NTB.

“Semoga apa yang telah kita lakukan tersebut memberi kontribusi bagi kemajuan daerah kita yang tercinta ini,” ucapnya.

Atas nama DPRD NTB memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat, penyelenggara pemilu, pemerintah daerah daerah dan aparat keamanan atas keberhasilan pelaksanaan pemilihan kepala daerah 7 kabupaten/kota.

Semoga pilkada yang dilaksanakan serentak tanggal 9 desember tersebut telah berhasil memilih pemimpin-pemimpin yang sangat dirindukan oleh masyarakat melalui kegiatan dan program nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tidak lupa menyampaikan rasa keprihatinan dan duka mendalam atas terjadinya banjir bandang di Kecamatan Kayangan, Lombok Timur. Untuk dirinya mengajak masyarakat untuk selalu waspada atas terjadinya perubahan cuaca global yang sewaktu-waktu dapat menjadi bencana, sehingga berpesan kepada Pemerintah Provinsi NTB dan kabupaten/kota untuk mempersiapkan mitigasi bencana secara baik dan terukur, karena daerah ini masuk rawan bencana.

“Khusus kepada bapak Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, bahwa dalam upaya meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, maka ide dan kemauan masyarakat NTB untuk membentuk daerah otonomi baru terdiri dari kabupaten lombok selatan, kota sumbawa rea dan kabupaten bima timur secara politis dapat kami dukung dan memberikan rekomendasi agar pencapaian kesejahteraan masyarakat akan lebih cepat terwujud,” tegasnya.

Terakhir, Isvie berharap kepada masyarakat NTB supaya semakin bangga dengan jati diri sebagai masyarakat, tentunya kebanggaan ini diwujudkan dengan cara memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan daerah dalam semua dimensi kehidupan, sehingga NTB dapat benar-benar gemilang
marilah dengan peringatan hari jadi ke-62 tahun.

“Kita jadikan sebagai momentum untuk membangun sinergitas dan kreatifitas, mempererat persaudaraan dan persatuan demi kepentingan bersama dalam upaya mensejahterakan masyarakat NTB,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button