Pendistribusian APD untuk Penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah Dikawal Ketat TNI-Polri Loteng

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lombok Tengah, untuk penyelenggara pemilihan kepala daerah, hingga ke Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) se- Loteng, dikawal aparat TNI dan Polri.

Ketua KPUD Loteng, Lalu Darmawan mengatakan telah mulai mendistribusikan APD untuk petugas penyelenggara pemilu seperti PPS dan PPK. APD itu digunakan nanti saat proses pemungutan suara pemilihan kepala daerah.

“Hari ini kita sudah mulai mendistribusikan APD ketiap PPS dan PPK yang ada di 12 Kecamatan di Loteng,” ungka Darmawan, Jumat 4 Desember 2020.

Darmawan menambahkan Pendistribusian APD tersebut mendapat pengawalan ketat dari personel gabungan TNI-Polri dan dipastikan harus tuntas dalam satu hari.

“Alhamdulilah, proses pendistribusian APD di kawal ketat oleh TNI-Polri. Pengawalan dimulai dari gudang Logistik KPUD yang berada di Gedung Aerotel Praya dan Gudang yang berada di KPU menuju sekretariat PPK dan PPS di 12 Kecamatan menggunakan 13 unit armada truck,” kata Darmawan

Sementara itu, Kapolres Lombok Tengah melalui Kabag Ops, Kompol I Kadek Suparta mengatakan pihaknya bersama TNI menurunkan anggotanya untuk mengawal pendistribusian APD itu sebanyak 24 personil dari Polres dan 24 personil dari Kodim 1620/Loteng.

“Masing-masing kecamatan dikawal dua personil TNI dan dua personil Polri, mulai dari gudang logistik hingga ke PPS,” kata Kabag Ops Kompol I Kadek Suparta

Pengawalan pendistribusian itu bertujuan untuk menghindari terjadinya kendala, atau hambatan selama pelaksanaan pendistribusian. Sehingga nantinya perlengkapan logistik yang didistribusikan tetap dalam keadaan aman dan lancar sampai ditujuan.

“Pengawalan kita lakukan agar selama proses pendistribusian bisa berjalan aman dan lancar hingga ditujuan,” ungkap Kadek Suparta.

Menurutnya, APD yang didistribusikan oleh KPU ke PPK ataupun PPS hari ini berupa masker sekali pakai, sarung tangan karet, hand sanitizer, sabun cuci tangan, cairan disinfektan, face shield, sprayer/semprotan, ember, tisu, masker kain dan kantong plastik. Nantinya APD tersebut akan digunakan selama pemilihan berlangsung di setiap PPK, PPS dan TPS di Kabupaten Lombok Tengah.

“Alat Pelindung Diri tersebut diharapkan bisa mencegah penyebaran Covid-19 saat tahapan pemungutan suara nanti di TPS,” tuturnya.

Disatu sisi, Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, mengatakan Kodim 1620/Loteng bersama Polres fokus terhadap keamanan logistik pilkada Loteng, baik saat masih berada di gudang penyimpanan KPU yang ada di eks Aerotel Praya, saat pendistribusian di PPK ataupun di tingkat PPS.

“Kami juga menekankan kepada Babinsa untuk terus berkoordinasi dengan Babhinkamtibmas serta petugas PPS bersama-sama bertanggungjawab atas keamanannya. Laporkan secara berkala setiap perkembangan situasi kepada pimpinan secara berjenjang,” perintah Dandim.

Seperti diketahui bahwa Pilkada serentak akan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember mendatang. Segala pentahapan Pikada telah dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh penyelenggara pemilu baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Desa. Harapannya pilkada akan berjalan dengan aman dan damai hingga usai. (TN-03)

Related Articles

Back to top button