Kembangkan Pariwisata, Kemenparekraf dan Martha Tilaar Group Beri Pelatihan di Desa Bilebante

Lombok Tengah, Talikanews.com – Guna meningkatkan keterampilan masyarakat khusunya dalam hal kebugaran. Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata, Kemenparekraf RI yang berkolaborasi dengan Martha Tilaar Group telah penyelenggarakan pelatihan kebugaran untuk Desa wisata Bilebante Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah.

Pelatihan itu dibuka oleh Surana Selaku Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf beserta Ibu Palupi Candra (Head Corporate Communications & Sustainability) Martha Tilaar Group yang di dampingi Kepala Desa Bilebante.

Direktur Pokmas Desa Bilebante Kecamtan Pringgarata, Pahrul Azim menyampaikan, penyelenggaraan pelatihan wisata kebugaran untuk desa wisata Bilebante terselnggara mulai dari tanggal 1 sampai 4 Desember. Kegiatan ini merupakan program kemenparekraf yang berkolaborasi dengan Martha Tilaar Group guna meningkatkan pendatan sektor pariwisata melalui wisata kebugaran.

“Kegiatan ini memang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui sektor pariwisata dengan menyiapkan tempat tempat kebugaran. Dan saya liat kegiatan pelatihan itu berlangsung penuh antusias dari para peserta,” ungkap Pahrul Azim, Kamis 3 Desember 2020.

Selain itu, ia juga mendorong pemerintah daerah Kabupaten Lombok Tengah untuk segera membuat Perda yang mengatur regulasi tentang desa wisata mengingat sejauh ini sudah banyak desa yang melakukan loncing desa wisata tetapi akhirnya kewalahan untuk berkembang.

“Sudah banyak ni desa yang meloncing desa wisata tetapi di pertengahan jalan merasa kewalan untuk melakukan pengembangan untuk itu perlu kiranya ada regulasi dalam bentuk Perda yang mengatur tentang desa wisata itu sendiri,” ujarnya

Sementara Kepala Desa Bilebante Rakyatulliwauddin, menyampaikan adanya kegiatan pelatihan itu dapat berdampak positif pada keberlangsung wisata yang ada di Desa Bilebante mengingat desa wisata Bilebante ini diharapkan sebagai penunjang MotoGP.

“Memang Desa wisata Bilebante saat ini sudah mulai berjalan untuk itu kita berharap ada pasilitas kebugaran juga yang di siapkan pengelola wisata agar wisatawan ada pilihan lain khusunya dalam jasa kebugaran,” terangnya

Selain itu ia juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang di bangun Kemenparekref dan Martha Tilaar Group untuk memberdayakan dan melatih masyarakat di Desa Bilebante tentu kedepan dari kegiatan pelatihan ini akan mendatangkan peningkatan penghasilan dan Ekonomi masyarakat terutama untuk kaum wanita.

“Saya sampaikan ucapan terimakasih kepada Kemenparekref dan Martha Tilaar Group atas pelatihan yang di berikan kepada warga masyarakat kami. Mudah mudahan ini dapat menjadi sumber pendapatan,” tutupnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button