Dandim 1620/ Loteng Pantau Simulasi Pemungutan Suara di Jonggat

Lombok Tengah, Talikanews.com – Guna mensukseskan Pilkada serentak ditengah pendemi Covid-19 tahun 2020 ini. Dandim 1620/Loteng bersama Kapolsek Jonggat, Camat Jonggat, Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Jonggat menggelar simulasi pemungutan suara dan penghitungan surat suara.

Simulasi itu di gelar di halaman kantor Camat Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu 29 November 2020.

Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, mengatakan pihaknya ikut dalam simulasi ini untuk memastikan agar simulasi ini berjalan sesuai dengan protokol covid-19 karena hal ini harus betul betul dipahami oleh masyarakat supaya tidak timbul kluster baru.

“Hal ini perlu di sosialisasikan lebih luas lagi ke masyarakat agar lebih paham dan lebih taat pada prokes covid-19 dan simulasi ini perlu di jadikan sebagai acuan saat pemilihan 9 Desember nanti,” ungkapnya.

Disatu sisi, Kapten Inf Martopo Koramil /1620-06 Danramil Jonggat menegaskan meski dalam simulasi pemungutan suara menghimbau kepada PPK dan PPS agar selalu mengingatkan masyarakat untuk menjaga jarak dan slalu menjalankan protokol covid-19 guna mencegah terjadinya kluster baru.

“Kami mohon kepada PPK PPS kecamatan selalu ingatkan warga yang datang ke TPS untuk menjaga protokol covid-19,” imbuhnya

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Jonggat, Abdillah menyampaikan pilkada kali ini berbeda dengan pilkada sebelumnya, kali ini berlangsung di tengah pandemi covid 19. Untuk itu, pihaknya menggelar simulasi pemungutan suara dan penghitungan surat suara agar tetap mengacu pada protokol covid-19.

“Untuk mensukseskan dan menghindari adanya kluster baru covid-19 saat pemungutan dan penghitungan surat suara, kami menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada semua petugas pemungutan suara (PPS) yang bertugas di Kecamatan Jonggat,” ujarnya.

Ia juga sampaikan sebelum petugas PPS memulai pemungutan suara tempat dan semua alat untuk pemungutan surat suara itu terlebih dahulu harus di sterilkan

Yang lebih penting lagi lanjutnya, petugas Linmas harus selalu siap siaga untuk mengecek suhu tubuh warga yang akan datang memberikan suaranya sebelum masuk ke area TPS dan apa bila ada pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat maka pemilih tersebut tidak boleh di berikan masuk ke TPS tetapi pemilih tersebut akan menggunakan hak pilihnya di bilik khusus yang sudah di siapkan petugas.

“Ia jika ada pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat kita tidak perbolehkan masuk ke area TPS. Tetapi kita arahkan ke bilik suara khusus yang sudah kita sipakan di luar area TPS hal itu di lakukan guna mencegah kluster baru,” tutupnya

Untuk di ketahui Jumlah daftar pemilih di Kecamatan Jonggat sebanyak 77.071 dengan jumlah TPS 210 yang tersebar di 13 Desa. (TN-03)

Related Articles

Back to top button