Rebound Lombok-Sumbawa Fair 2020, cara Bangkitkan gairah Pariwisata di Tengah pandemi Covid-19

Mataram, Talikanews.com – Berbagai cara dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk bangkitkan gairah pariwisata di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya yakni menggelar rebound Lombok-Sumbawa Fair 2020, untuk memamerkan NTB ke Pusat.

Kegiatan rebound Lombok-Sumbawa Fair 2020 yang digelar dari tanggal 21-22 November itu atas kerjasama Dinas Pariwisata Provinsi NTB dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif karena merupakan salah satu keunggulan dari daerah seribu masjid ini.

Berbagai kegiatan ditampilkan yang berlangsung di Epicentrum Mall itu yakni talkshow pariwisata tema “Pariwisata NTB siap menyambut New Normal” oleh pembicara seperti Kepala Dinas Pariwisata NTB, dari BPPD, Astindo, Gili Hotel Association. Ada juga pameran dari hotel dan resort serta Produk lokal kuliner UMKM dan selling booth serta live music.

“Rebound Lombok Sumbawa Fair 2020 bagian dari rangkaian kegiatan misi penjualan Kemenparekraf yang dilakukan di enam daerah di Indonesia, yakni Yogyakarta, Malang, Batam, Bandung, dan Padang termasuk Lombok,” ungkap Koordinator Pemasaran Pariwisata Regional I Area III Kemenparekraf, Bulqis Chairina.

Dia menjelaskan, kegiatan ini rangkaian misi penjualan yang bertujuan sebagai ajang promosi terpadu antara Kementerian Pariwisata dengan pemerintah daerah.

Assisten II Setda Provinsi NTB Ridwansyah kemarin mengatakan Pemerintah Provinsi NTB apresiasi Kemenparekraf yang selama ini terus mendukung kegiatan di Lombok dan NTB secara umum.

“‘Event Lombok Sumbawa Fair 2020 ini semoga bisa menjadi pemicu kembali bangkitnya pariwisata kita di Lombok dan NTB secara umum,” kata dia.

Ridwan menambahkan event dunia MotoGP yang akan digelar di Mandalika Lombok Oktober 2021 akan menjadi momentum kembalinya pariwisata NTB. Ia berharap pelaku pariwisata NTB bisa menangkap potensi itu dengan baik.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. L. Moh. Faozal mengaku bahwa pariwisata sudah mulai berjalan secara bertahap dan lancar, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Ia berharap dengan adanya acara ini, akan lebih banyak lagi destinasi pariwisata yang dapat kembali seperti sediakala. (TN-red)

Related Articles

Back to top button