Qori’ asal Desa Jago Mewakili NTB pada MTQ Nasional XXVII di Padang

Padang, Talikanews.com – Muhammad Alwi, merupakan Qori’ cabang Tilawatil Quran tingkat remaja, asal Dusun Bebie Balad, Desa Jago, Kecamatan Praya, yang mewakili Provinsi NTB di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII tahun 2020 yang berlangsung di Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Muhammad Alwi ini merupakan binaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lombok Tengah, yang masuk rombongan Kafilah NTB berjumlah 22 orang, sedang adu kemampuan dari tanggal 12 hingga 21 November 2020.

Untuk diketahui, Muhammad Alwi merupakan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, sedang menempuh semester III. Muhammad Alwi dipercaya mewakili NTB pada MTQ tingkat nasional itu karena memiliki bakat dan kemampuan sebagai Qori’ yang digelutinya sejak duduk di bangku kelas VI Sekolah Dasar.

Sebanyak empat kali Alwi berhasil mewakili Kabupaten Lombok Tengah di tingkat Provinsi bidang Tilawatil Quran cabang anak-anak sebanyak dua kali dan cabang remaja dua kali.

Kepada wartawan, Muhammad Alwi menuturkan perjalanannya sehingga bisa lolos ke tingkat nasional. Semua ini tidak lepas dari dukungan keluarga, dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah yang memberikan perhatian dan pembinaan melalui LPTQ.

Remaja berumur 20 tahun ini mengaku, memanfaatkan kesempatan saat dibina untuk belajar serius mendalami Al-Quran.

“Sehari berlatih minimal tiga kali dan alhamdulillah hari ini saya dapat mewakili Loteng dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII tahun 2020 yang membawa nama baik Nusa Tenggara Barat, di Kota Padang,” tuturnya.

Terkait hal itu, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Lombok Tengah, H. Ridwan Makruf, didampingi pengurus LPTQ Lombok Tengah HL. Gde Boh, mengatakan bahwa pemerintah tidak main-main dalam mencetak Qori’ dan Qori’ah.

Tahun 2020 ini, Pemkab Loteng menganggarkan sebesar Rp 3 miliar untuk LPTQ. Hanya saja karena pandemi Covid-19, jumlah tersebut ikut terpangkas.

“Andai saja tidak ada pendemi covid-19, anggaran tidak akan terpangkas. Padahal kami sangat serius membina dan mencetak Qori’ dan Qori’ah handal melalui Lembaga LPTQ,” tutup H. Ridwan Makruf saat menghadiri MTQ Nasional Padang. (TN-03)

Related Articles

Back to top button