Danrem 162/WB sampaikan pesan Soekarno, “Jasmerah” Jangan Sesekali Meninggalkan Sejarah”

Mataram, Talikanews.com – Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda) NTB, memeringati Hari Pahlawan 10 November 2020, dengan menambur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Majeluk Kota Mataram, Selasa 10 November 2020.

Ziarah Nasional bentuk pemberian penghormatan kepada arwah para pahlawan dan peletakan karangan bunga di tugu makam pahlawan oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., selaku Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan tabur bunga di makam pahlawan, seluruhnya berlangsung khidmat.

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Rizal Ramdhani, mengatakan kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan pada Hari pahlawan bertujuan untuk melestarikan budaya ataupun tradisi luhur untuk selalu menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.

Menurutnya, sejarah sangat dominan bagi kemajuan suatu bangsa, karena itu para generasi muda sebagai penerus bangsa wajib mengenal dan melanjutkan semangat maupun motivasi para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan, sebagaimana pesan Presiden Sukarno agar bangsa Indonesia tidak meninggalkan sejarah.

“Jasmerah, Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah. Itu petunjuk utama Pak Karno,” tegas Jenderal Bintang Satu itu.

Oleh sebab itu, Rizal Ramdhani berharap, pendidikan tentang sejarah perjuangan para pahlawan selalu diberikan kepada para pelajar ataupun generasi muda agar tahu sejarah bangsa Indonesia, sehingga merekapun paham dengan makna dari Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.

“Terkait hal itu, kami mendorong kepada instansi terkait khususnya Kemendikbud untuk selalu memberikan pelajaran-pelajaran tentang Pahlawan Nasional termasuk Pahlawan Revolusi dan lainnya,” kata dia.

Penaburan bunga itu selain oleh Wakil Gubernur NTB dan Danrem 162/WB, dihadiri oleh Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs. Asby Mahyuza, Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, Danlanud ZAM Rembiga diwakili Kadispers Lanud ZAM Letkol Adm I D. Gede Agung, Wakil Kejati NTB Purwanto Joko Irianto dan Sekda Prov. NTB Drs. H. Lalu Gita Aryadi. (TN-red)

Related Articles

Back to top button