Komisi III DPRD Loteng Temukan ada Penimbunan Limbah PT Lombok Mulya Jaya

Lombok Tengah, Talikanews.com – Komisi III DPRD Loteng menemukan ada penimbunan limbah beracun pabrik bata ringan milik PT Lombok Mulya Jaya yang ada di Desa Batu Nyala, Kecamatan Praya Tengah.

Terkait hal itu Ketua Komisi III DPRD Lombok Tengah Andi Mardan mengatakan, apa yang menjadi dugaan tentang limbah B3 yang ditanam itu ternyata benar adanya tertumpuk sudah bercampur tanah, berdasarkan hasil kroscek di tempat penyimpanan sementara.

“Kami bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Loteng, termasuk perwakilan dari Pemuda Pancasila yang mempersoalkan keberadaan pabrik itu kroscek proses pembuatan awal sampai akhir batu ringan itu, dipandu pihak Perusahaan dan memang ada tumpukan limbah sudah bercampur tanah,” ungkap Andi Mardan, Rabu 7 Oktober 2020

Andi Mardan menjelaskan, perusahan pabrik bata ringan milik PT Lombok Mulya Jaya ini baru saja mulai beroperasi lagi setelah tersangkut masalah beberapa bulan yang lalu sedangkan terkait dengan adanya dugan tidak mengantongi izin IMB pihaknya akan mengecek.

“Kami bersama DLH akan mengevaluasi kembali sesuai laporan per semester yang disampaikan perusahaan atas temuan kami di lapangan termasuk izin IMB akan kita cek kembali,” kata dia.

Sementara itu, perwakilan perusahaan PT Lombok Mulya Jaya, Darminto, mengaku izin usaha sudah lengkap dan saat ini perusahaan sedang mengurus izin pengolahan pemanfaatan limbah. Sebelumnya hanya penampungan sementara.

“Sekarang sedang proses di-upgrade untuk ke pengolahannya di Kementerian. Perlu diketahui pula, limbah pabrik dikirim ke pulau Jawa untuk dikelola oleh pihak ketiga. Sekali kirim, sekitar 30 ton. Biaya pengiriman limbah juga lebih mahal dari batubara yang merupakan bahan baku bata ringan,” tutur Darminto

Disatu sisi, Kepala Dinas lingkungan Hidup Loteng H Amir Ali mengatakan sejauh ini perusahaan pabrik bata ringan tersebut sering melaporkan kegiaatan perusahan secara berkala.

“Ia sesuai aturan yang ada perusahaan tersebut rutin melaporkan kegiatan secara berkala,” tutupnya (TN-03*)

Related Articles

Back to top button