Sebelum Perhelatan MotoGP 2021, Tiga Mega Proyek Angkasa Pura I Bandara Lombok harus Rampung

Lombok Tengah, Talikanews.com – PT Angkasa Pura (AP) I, Bandara Lombok terus kebut pengerjaan sejumlah proyek fasilitas pendukung perhelatan MotoGP Mandalika Lombok. Adapun proyek itu terdiri dari perluasan terminal penumpang, pengerasan runway eksisting dan perpanjangan runway, yang ditargetkan tuntas sebelum perhelatan MotoGP 2021.

“Semua proyek pembagunan itu di harapkan sebagai penunjang perhelatan MotoGP pada Oktober 2021 mendatang,” ungkap Communication & Legal Manager Bandara Internasional Lombok (BIL), Arif Haryanto, Sabtu 31 Oktober 2020.

Arif mengatakan, pembangunan proyek yang berada di Bandara Internasional Lombok (BIL) saat ini terus di kebut, proyet itu di tergetkan tuntas sebelum perhelatan MotoGP tahun mendatang.

“Ia saat ini proyek pendukung KSPN Mandalika dan MotoGP, terus di kebut agar dapat diselesaikan tepat waktu,” kata dia.

Arif menjelaskan, perluasan terminal penumpang itu diharapkan mampu menampung hingga 7 juta penumpang pertahun dan sampai hari ini, progres pengerjaannya sekitar 56 persen.

“Kalau proyek perluasan terminal ini pengerjannya sudah 56 persen yang di targetkan selesai Februari 2021. Proyek ini didanai dana investasi PT Angkasa Pura (AP) I sebesar Rp 220 miliar,” terang Arif.

Sedangkan proyek pengerasan runway eksisting dan perpanjangan runway dengan panjang 3.300 meter ini, ditambah sarana penunjangnya akan segera dimulai.

“Beda dengan proyek pengerasan runway eksisting dan perpanjangan runway ini di
targetkan selesai pada Juli 2021 dengan investasi yang sama yakni PT Angkasa Pura (AP) I sebesar Rp 278 miliar yang dalam waktu dekat akan mulai di kerjakan,” terangnya

Arif menegaskan, semua anggaran yang di pergunakan dalam proyek itu bersumber dari internal perusahaan, bukan APBN.

“Iya anggaran biaya untuk pembangunan itu merupakan investasi dari keuangan perusahaan AP I,” tuturnya.

Arif menambahkan, untuk penambahan jumlah penerbangan tentunya nanti pihak maskapai akan menyesuaikan. “Sejauh ini belum ada penambahan dari pihak maskpai dan nanti pihak maskapai yang akan menyesuaikan,” tutup Arif. (TN-03)

Related Articles

Back to top button