Bersihkan Lingkungan, cara Babinsa Beber mengajak Warga Jaga Kebersihan di Musim Hujan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Tentara Nasional Indonesia bukan hanya bertugas menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun, menjaga lingkungan untuk tetap bersih dan sehat menjadi tugas lainnya. Hal itu yang dilakukan Babinsa Beber Serda Kamariah Koramil 1620-07/Batukliang. Dia membersihkan lingkungan cara memberikan contoh kepada masyarakat dalam menjaga lingkungan tempat tinggalnya.

“Lingkungan yang bersih merupakan awal hidup sehat,” ungkap Serda Kamariah di sela-sela kegiatan bersih lingkungan di Dusun Beber Daye Desa Beber Kecamatan Batukliang, Sabtu 31 Oktober 2020.

Bersama Babinkamtibmas dan Perangkat Desa Beber, Babinsa Serda Kamariah mengajak warga Dusun Beber Daye melaksanakan Karya Bhakti pembersihan lingkungan, pembersihan sampah dan memotong ranting pohon yang berada di kiri kanan jalan  setempat.

Danramil 1620-07/Batukliang Kapten Chb Heri Susanto mengatakan, membersihkan titik-titik genangan air juga menjadi prioritas. Terutama membersihkan saluran agar air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menimbulkan genangan, sehingga lingkungan tempat tinggal benar-benar bersih dan aman dari tempat bersarangnya nyamuk.

“Lingkungan yang bersih akan membuat penduduknya nyaman yang tinggal didalamnya. Lingkungan yang kotor dan kumuh tidak baik bagi kesehatan, sebab udara yang dihirup di lingkungan yang seperti itu sudah tidak sehat lagi dan hal itu sangat berdampak pada kesehatan dan jelas akan terganggu,” ungkapnya.

Akhir-akhir ini lanjut Heri, kondisi cuaca tidak bersahabat, dimana curah hujan yang turun cukup tinggi. Sehingga perlu kegiatan bergotong royong dan peduli terhadap lingkungan tempat tinggal supaya masif dilakukan.

“Untuk para Babinsa harus selalu aktif membina warga agar mau peduli dengan kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan, saling memperingatkan sesama warga yang lainnya agar nantinya menjadi lingkungan yang sehat, asri tanpa ada penyakit yang ditimbulkan dari akibat sampah,” pesan Danramil. (TN-red)

Related Articles

Back to top button