Bupati Loteng dukung Kegiatan PWLT dan Paguyuban Duta Lingkungan Hidup dalam Melestarikan Alam

Lombok Tengah, Talikanews.com – Bupati Loteng, H Moh Suhaili FT melalui penjabat Sekda Lombok Tengah, Drs. HL.Idham Khalid mendukung kegiatan Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT) dan Duta Lingkungan Hidup dalam melestarikan alam.

Idham mengatakan, Pemda Loteng sangat mendukung kegiatan tahunan Paguyuban Duta Lingkungan Hidup Nusa Tenggara Barat (NTB) karena terus konsisten mengangkat isu tentang pelestarian lingkungan.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang di lakukan PWLT bersama Paguyuban Duta Lingkungan NTB yang terus konsisten menjaga kelestarian alam kita,” ungkapnya saat membuka acara Temu Lingkungan yang merupakan rangkaian kegiatan Audisi Duta Lingkungan Hidup NTB 2020, yang digelar di Lantai 5 Ball Room Kantor Bupati Lombok Tengah

Selain itu dalam ajang pencarian bakat duta lingkungan yang dikemas dengan bentuk entertainment dan menarik semacam itu menurutnya, merupakan edukasi yang sangat baik tentang lingkungan yang sangat mudah diterima oleh kalangan milenial, kelompok yang saat ini mendominasi ruang publik.

“Kelompok milenial yang mendominasi ruang publik kita ini, yang berpotensi besar untuk membawa perubahan di daerah kita. Maka tentu kami tidak ingin kegiatan semacam ini tidak hanya sekedar menjadi acara ceremonial semata tetapi lebih menekankan kepada tindakan nyata juga,”kata Sekda.

Pemkab Lombok Tengah berharap, hasil pencarian bakat duta lingkungan tersebut bisa menjadi agen-agen lingkungan. Untuk itu pihaknya memberikan apresiasi atas konsistensi Paguyuban Duta Lingkangan Hidup NTB bersama PWLT yang terus memperjuangkan isu-isu lingkungan di Lombok Tengah dan NTB pada umumnya.

“Isu lingkungan hidup bukan hanya soal isu lokal saja, namun telah menjadi isu global. Kerusakan terjadi dimana-mana, bencana hampir setiap tahun terjadi, seolah alam mau berbicara kepada kita bahwa bencana alam yang terjadi, cara alam menegur manusia akibat sikap serakah yang akibatkan kerusakan parah,”paparnya.

Untuk itu, semua harus terus menerus membangun kesadaran secara kolektif bahwa tanggung jawab pelestarian lingkungan adalah tanggungjawab bersama.

Ketua Panitia Audisi Duta Lingkungan Hidup NTB 2020, Baiq Wiranda Daneta menyampaikan, kegiatan tersebut telah dimulai sejak awal September 2020 lalu dan telah menjaring ratusan peserta dari berbagai sekolah dan kalangan di NTB.

Pelaksanaan Audisi Duta Lingkungan NTB 2020 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena mengingat masa pandemi covid-19. Semua rangkaian kegiatan dilakukan sesuai standar protokol kesehatan covid-19.

“Setelah melakukan tenikal meeting, baru kemudian digelar acara temu lingkungan yang terdiri dari penyampaian narasumber dari berbagai lembaga. Antara lain, dari Dinas Kehutanan NTB, Dirut PDAM Lombok Tengah dan pihak Bank Indonesia,”kata Daneta

Setelah temu lingkungan, barulah dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon masal dilokasi yang telah ditentukan. Setelah itu barulah tour kesejumlah persuhaan seperti ke Itdc, Media dan perusahaan lainya.

Selain itu Para finalis yang terdiri dari 31 orang akan di karantina selama beberapa hari dialokasi yang juga sudah ditentukan. Dan insya Allah grand final akan dilakukan pada tanggal 7 November 2020 nanti di lantai 5 Ball Room Kantor Bupati Lombok Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Danet menyampaikan ucapapan terimaksih atas bantuan semua pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan tersebut. Secara khusus disampaikan terimaksih kepada wartawan khususnya yang tergabung di PWLT yang telah membimbing panitia dalam melaksanakan kegiatan yang dilakukan dengan niat untuk menjaga bumi dari kerusakan tersebut.

“Terima kasih pada semua rekan rekan wartawan yang tergabung dalam PWLT dan semua para donatur yang telah ikut mengambil bagai dalam mengsukseskan kegiatan ini. Salam lestari,” tutup Danet

Setelah itu kegitaan di lanjutkan dengan pengukuhan pengurus Paguyuban Duta Lingkungan NTB periode 2020-2023 oleh Sekda Lombok Tengah dengan Ketua terpilih yakni Lalu Sofyan Hardi. (TN-03)

Related Articles

Back to top button