Setwan NTB Hitung Kerugian Akibat Aksi Penolakan UU Ciptaker

Mataram, Talikanews.com – Aksi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) oleh Ribuan mahasiswa NTB, pada Kamis 08 Oktober 2020, berdampak terhadap kerusakan beberapa fasilitas di Kantor DPRD jalan Udayana Mataram. Hal itu membuat Sekretariat Dewan menghitung kerugian.

Sekretaris Dewan NTB, Haji Mahdi menyampaikan, kerusakan itu merupakan kewajaran ketika ada aksi demontrasi, terlebih jumlah massa mencapai Ribuan.

Menurutnya, aksi itu merupakan dinamika dan resiko dari gerakan masyarakat yang menuntut keadilan dalam menyampaikan aspirasi. “Kerusakan ini hal wajar, dalam demonstrasi sudah resiko ada kerusakan sarana dan prasarana, tentu kami tentu akan memperbaiki kerusakan itu,” ungkap Mahdi z Jumat 09 Oktober 2020.

Didampingi Kepala Sub Bagian Humas Protokol dan Perjalanan, Lalu Juan Hilary. Mahdi mengatakan, sebenarnya aksi itu bagian atau tahapan kedewasaan dalam menyampaikan aspirasi, namun bukan dengan merusak fasilitas yang ada.

“Jelas kami tidak mengharapkan ini terjadi. Tapi sekali lagi, ini hal yang wajar,” kata dia.

Mahdi mengaku belum mengetahui secara pasti berapa dana/anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan kerusakan pagar, pintu gerbang maupun papan nama Kantor DPRD NTB itu.

Namun dirinya akan menghitung keseluruhan seperti apa dan bagaimana tingkat kerusakan supaya jelas usulan kebutuhan anggaran perbaikan. Mahdi memperkirakan tingkat kerusakan kurang lebih sekitar Rp 25 juta.

“Kita lihat tingkat kerusakannya. Perbaikan akan diusula lewat anggaran pemeliharaan, mudahan bisa secepatnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, perbaikan fasilitas tersebut belum lama dilakukan yakni hampir satu tahun, saat aksi menuntut pembatalan revisi undang-undang yang dianggap bermasalah, salah satunya menyangkut Komisi Pemberantasan Korupsi.

Akan tetapi, kali ini kembali rusak seperti papan nama kantor wakil rakyat di Udayana itu dicoret atau keramik dibongkar dan dipecahkan. Kemudian pagar, pintu gerbang dan lainnya. (TN-red)

Related Articles

Back to top button