Wagub NTB Semangati dan Doakan Para Nakes Puskesmas

Mataram, Talikanews.com – Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah semangati juga mendoakan para tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas. Sebab, selama pandemi Covid-19 melanda NTB, banyak tenaga kesehatan yang memberi pelayanan mengorbankan nyawanya.

“Perjuangan melawan pandemi Covid-19 di NTB memerlukan dukungan semua pihak, termasuk sektor swasta dan lembaga swadaya masyarakat,” ungkapnya saat meninjau pelayanan di Puskesmas Cakranegara, Kota Mataram, Selasa 29 September 2020.

Rohmi meminta kepada seluruh puskesmas untuk kembali perkuat penegakkan protokol Covid-19. Selain melindungi para Nakes juga akan melindungi masyarakat yang datang berobat,” pintanya.

Rohmi kembali mendoakan, apa yang dilakukan oleh tenaga kesehatan, berbagai perjuangan dan pengorbanan selama masa pandemi akan bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Selain itu, para Nakes juga diharapkan agar tidak lelah untuk merawat dan mengedukasi masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan Covid19.

“Pandemi ini belum tahu kapan berlalu, namun perjuangan untuk mencegah masih terus ditingkatkan.  Maka pilihan kita adalah tetap hidup  aman dan produktif,” kata dia.

Menurut Rohmi, tenaga kesehatan ibarat tentara yang berada di garda terdepan untuk melawan penyebaran penyebaran Covid-19. Karena itu, jangan sampai para Nakes menjadi korban dari bahaya wabah ini. Kalau itu terjadi maka akan sangat mempersulit upaya penanganannya. Baik kesulitan oleh pemerintah dan masyarakat itu sendiri.

Oleh karena itu, Rohmi mengapresiasi semua perjuangan para Nakes, puskesmas dan pejuang-pejuang kemanusiaan yang terus berjuang melawan penyebaran Covid-19. Sinergi dan kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kota tetap dijaga agar apa yang diperjuangkan saat ini mendapat hasil yang membanggakan bagi masyarakat NTB.

Asisten II Setda Kota Mataram, Mahmudin Turan mengungkapkan, kunjungan langsung yang dilakukan oleh Wagub saat ini menjadi motivasi bagi para Nakes untuk tetap berjuang melawan penyebaran pandemi Covid-19.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas dorongan yang selalu diberikan oleh pemerintah provinsi begitu besarnya. Untuk itu, kami berharap sinergi dan kerja sama selama ini tetap terjalin dengan baik agar upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 segera berakhir,” tegas asisten itu.

Kepala Puskesmas Cakranegara, dr. Y. Nevy Lestari menjelaskan, para Nakes yang berada di garis depan dalam menangani pandemi Covid-19 tidak terlepas dari ancaman penyebarannya. Selama ini, sudah terdapat dua orang Nakes yang terpapar Covid-19 di puskesmas Cakranegara.

“Dari dua orang nakes tersebut, alhamdulillah semuanya sudah sembuh setelah melewati isolasi mandiri yang ditetapkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, upaya yang dilakukan oleh pihak puskesmas untuk mendorong dan menyemangati para Nakes terus dilakukan. Termasuk insentif dan jasa layanan tetap diberikan, bahkan bagi nakes yang melakukan masa isolasi mandiri.

“Kami tetap support mereka setiap pertemuan dengan berbagai kebijakan dan insentif lainnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, jumlah Nakes Puskesmas Cakranegara sebanyak 51 orang. Rincian sebanyak 24 perawat, 23 bidan dan 4 orang dokter.(TN-red)

Related Articles

Back to top button