Bawaslu Loteng dalami ASN Salam Empat Jari dari Sembalun

Lombok Tengah, Talikanews.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dalami para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang seakan mendukung salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah denga salam Empat Jari.

Salam Empat Jari ASN yang tersebar di Media Sosial diduga kempanyekan salah satu Paslon.

Ketua Bawaslu Lombok Tengah, Abdul Hanan mengaku mengetahui hal itu tadi siang. Itupun ada salah komisioner Bawaslu menyampaikan bahwa ada Poto sejumlah ASN yang mengacungkan salam Empat jari. Parahnya lagi, ada juga ASN yang mengacung 4 jari dan berswaphoto bersamaan dengan salah satu Paslon saat liburan di Sembalun Lombok Timur beberapa hari lalu.

“Tadi siang kami dapat informasi itu dan langsung kita pelenokan untuk kami investigasi,” ungkapnya, Senin 28 September 2020.

Ia juga menyampaikan akan segera memanggil semua ASN yang di duga terindikasi melanggar kode etik ASN sebagai mana telah di atur oleh negara tentang ASN tidak boleh melakukan politik praktis.

“Negara kita negara hukum yang artinya semua permasalahan harus di selesaikan sesuai dengan aturan yang berlaku karena ada mekanisme dan tata cara yang tegas diatur dalam aturan yang kita laksanakan itu,” ujarnya.

Ia mengakui dengan personil Bawaslu yang terbatas pihaknya meminta masyarakat untuk ikut mengawal dan mengawasi dugan dugaan politik praktis yang di lakukan para ASN.

“Kami harapkan agar masyarakat melaporkan ketika menemukan adanya dugaan pelanggaran pelanggaran Pemilu karena Personil kami terbatas sehingga tidak menutup kemungkinan ada dugaan pelanggaran yang luput dari pengawasan kami sehingga itu kami mengharapkan kerjasama masyarakat untuk mengawasi dan melaporkannya,” pintanya.

Sikap apara ASN itu mendapat kecaman Ketua Pemuda Pancasila (PP) Lombok Tengah, M Samsul Qomar. Mantan anggota DPRD Loteng ini justru berkomentar keras di postingan FB.

“Hanya di Loteng Kepala Dinas dan ASN berani kampanye terang terangan kayak begini, mati rasa mereka ini,” ujar Qomar dalam komentarnya

Distatus FB berikutnya sapaan MSQ juga mengkritik ASN dan Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Loteng dengan kalimat.

“Mental pejabat Loteng dan mental Bawaslu Loteng mirip sama sama gak jelas!,” tegasnya.

Salah seorang ASN juga Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Lalu Iskandar dikonfirmasi terkait postingan di akun Instagramnya, belum memberikan keterangannya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button