Bapaslon Kada Loteng Ikrar Komitmen Sanksi Pelanggaran Protokol Kesehatan depan Kapolres

Lombok Tengah, Talikanews.com – Para bakal pasangan calon kepala daerah kabupaten Lombok Tengah, membuat kesepakatan atau komitmen sanksi pelanggaran protokol kesehatan di Pilkada serentak tahun 2020.

Kegiatan itu di inisiasi Polres Loteng dengan harapan, para bakal pasangan calon siap mamatuhi Protokol Kesehatan Covid-19 pada semua tahapan Pilkada serentak tanggal 9 Desember mendatang, bentuk pencegahan dan penyebaran virus corona.

Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho, menyampaikan, deklarasi ini bertujuan untuk membuat kesepakatan dan komitmen dengan para Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Loteng, harus ikut bertanggung jawab atas wabah virus Covid-19 yakni mengendalikan massa pendukung dengan membatasi jumlah disetiap kegiatan tahapan Pilkada.

“Kita harus sepakatan Bapaslon bertanggung jawab atas keputusan tim pemenangan dan massa pendukungnya,” ungkap Esty, Sabtu 19 September 2020.

Deklarasi Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah | Talikanews.com
Deklarasi Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah | Talikanews.com

Esty juga meminta kepada Bapaslon, ketika mengalami gejala Covid-19, supaya tes kesehatan, kemudian tracing, jika dinyatakan dan ditemukan sebagai penyebar virus, harus bersedia menerima sanksi administrasi maupun sanksi pidana sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita harus sepakat untuk menjaga supaya tidak terjadi Klaster Pilkada. Karena berdasarkan hasil pantauan kami di lapangan, banyak massa pendukung yang tidak mengindahkan protokol kesehatan itu,” kata dia.

Esty meminta kepada Bapaslon dan tim pemenangan supaya beberapa tahapan Pilkada yang belum dilaksanakan, agat tidak ada lagi terjadi pelanggaran protokol kesehatan, mengingat tahapan itu Pilkada masih panjang.

Sehingga lanjutnya, diperlukan sinergitas seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada ini.

“Penyelenggaraan seperti KPUD, Bawaslu, media massa, aparat keamanan, Parpol dan pemerintah daerah serta masyarakat untuk menaati aturan yang berlaku. Khususnya protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19,” tegas Kapolres

Hal itu ditegaskan karena berbagai upaya telah dilakukan institusi Kepolisian bersama TNI dalam pencegahan Covid-19 berupa himbauan langsung, melalui banner, spanduk sosialisasi, patroli gabungan, program kampung sehat dan lain-lainnya.

Hadir kelima Bapaslon dalam deklarasi dan kesepakatan komitmen yakni Ahmad Ziadi – Lalu Aswatara, H Masrun – TGH. Habib Ziadi, kemudian HL. Pathul Bahri – HM Nursiah, selanjutnya Hj Lale Prayatni – H Sumum, terakhir HL Saswadi dan Dahrum.

Kegiatan itu juga di hadiri KPU, Bawaslu dan Plh Sekda Loteng HL. Idham Khalid serta para Kepala OPD Lingkup Pemkab Loteng. (TN-03)

Related Articles

Back to top button