Dinas Dukcapil Loteng Jaring Keluhan Masyarakat Melalui Webinar

Lombok Tengah, Talikanews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Loteng menjaring keluhan, saran dan permasalahan di Masyarakat terkait pengurusan dokumen kependudukan, melalui Webinar.

Kepala Dinas Dukcapil Loteng, Hj Baiq Anita Nindia menyampaikan, dirinya menyapa masyarakat melalui zoom video itu untuk mengurangi adanya penumpukan masyarakat yang datang mengurus administrasi kependudukan.

“Kegiatan webinar bertujuan untuk menyapa masyarakat sekaligus menjaring berbagai keluhan, saran dan permasalahan di masyarakat terkait pengurusan dokumen kependudukan,” ungkapnya, Selasa 15 September 2020.

Dia mengaku, zoom itu juga tahapan sosialisasi terhadap pola pelayanan dinas Dukcapil selama pandemi Covid-19 yang mana saat ini masyarakat tidak perlu ke kantor di dinas untuk mengurus administarsi kependudukan (Adminduk).

“Disampingnya menyapa masyarakat kami juga akan sosialisaikan bahwa masyarakat tidak perlu mendatangi kantor Dukcapil untuk melakukan pengurusan admin duk Karena masyarakat sudah bisa mengurus adminduknya melalui online,” kata dia.

Bukan hanya itu saja tambah Anita kalaupun nantinya masyarakat tidak bisa juga melalui online, maka ada tim dari dinas yang turun langsung ke Desa nya masing-masing memberikan pelayanan langsung.

“Ia kami juga sudah membentuk 6 tim yang khusus di tugaskan untuk turun kedesa desa untuk memberikan pelayanan admin duk kemasyarakat yakni memberikan pelayanan terhadap perbaikan data Seperti, perubahan status KTP dari kawin atau cerai mati dan cerai hidup. Sedangkan untuk perekaman E-KTP bisa dilakukan di masing-masing kecamatan,” ujar Anita

Ia juga menjelaskan dalam kegiatan webinar itu pihaknya juga akan menyarankan masyarakat yang belum melakukan perekaman E- KTP agar segera melakukan perekaman.

“Soal belangko saat ini sudah tidak masalah alias aman. Artinya, sekarang masyarakat melalukan perekaman, saat itu pula akan dicetakkan KTP nya,” tuturnya.

Dalam webinar itu Dukcapil bertekad mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat tampa harus bolak balik mengurus sarat sarat.

“Saat ini pelayanan yang cepat, akurat melaui teknologi online, berbasis digital, adalah kunci untuk mewujudkan pelayanan yang membahagiakan masyarakat,” tutupnya (TN-03)

Related Articles

Back to top button