Ormas Muhammadiyah Netral dalam Pilkada Serentak di NTB

Lombok Tengah, Talikanews.com – Salah satu organisasi besar yang memiliki kader tersebar di semua wilayah yakni Muhammadiyah berusaha netral di Pilkada serentak di Tujuh Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Barat.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Nusa Tenggara Barat (NTB), Palahudin menegaskan, saat ini organisasi Muhammadiyah sangat netral dalam politik tahun ini. Artinya, tidak ada tekanan dari organisasi untuk mendukung pasangan calon kepala daerah mana pun.

“Secara kelembagaan Organisasi Islam ini tidak mendukung calon manapun. Kalau secara individu, dipersilahkan mendukung calon yang akan di usungnya. Tapi, tidak boleh membawa nama organisasi,” ungkapnya seusai pelantikan pengurus pimpinan daerah Pemuda Muhammadiyah Lombok Tengah, Minggu 13 September 2020.

Palahudin membantah isu berkembang bahwa, Muhammadiyah akan mendukung paslon Masrun-Habib di perhelatan pilkada Loteng yang mana di ketahui PAN memberikan dukungan ke Masrun.

Acara pelantikan pengurus daerah mengatakan Organisasi Islam Muhammadiyah Talikanews.com
Acara pelantikan pengurus daerah mengatakan Organisasi Islam Muhammadiyah Talikanews.com

“Kita akui PAN itu lahir dari tokoh tokoh besar keluaran Muhammadiyah tetapi bukan berarti PAN itu memliki organisatoris dengan Muhammadiyah dan tidak juga memiliki hubungan ideologi. Jadi tidak benar jika Muhammadiyah itu harus mengikuti arahnya PAN di politik,” katanya.

Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Loteng, Muhammad Hasby Hasyidiki menegaskan, tidak akan memberikan dukungan dan keberpihakan kepada salah satu paslon cabup dan cawabup yang ada di Loteng.

“Saya akui memang kader Muhammadiyah ini dukungannya ada disemua paslon, tapi bersifat individu, tidak secara kelembagaan. Kalau pun ada yang membawa nama organisasi itu tidak benar,” ujarnya.

Hasby juga menambahkan, pasca pelantikan, dirinya akan langsung mulai bekerja. Salah satunya, menggerakkan divisi lembaga bantuan hukum (LBH) untuk masyakarat yang tidak mampu.

“Sejauh ini kita liat banyaknya masyarakat yang berurusan dengan hukum baik pidana maupun perdata. Untuk itu, akan utamakan divisi (LBH) ini untuk membantu masyarakat yang tidak mampu,” katanya.

Hasby berharap kepada semua kader PD Muhammadiyah yang ada di Lombok Tengah ikut mensukseskan pilkada Loteng dengan menjaga netralitas.

“Mari berperan serta menjaga netralitas Pilkada Loteng untuk melahirkan pemimpin yang di harapkan masyarakat,” tutup Hasby. (TN-03)

Related Articles

Back to top button