Unram dan Unizar Mataram saling Jajaki Kerjasama terkait Kualitas Mutu Pendidikan

Mataram, Talikanews.com – Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP), Universitas Mataram (Unram), dan Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Al-Azhar (Unizar) Mataram saling jajaki terkait kualitas pendidikan.

Ketua LPMPP Unram Dr. Lestari Ujianto menyampaikan, kunjungan kerjasama ini merupakan awal kerjasama antar Unit LPMPP dan Badan Penjaminan Mutu Unizar yang dimulai dengan informasi dan keinginan untuk menindaklanjuti kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh LPMPP Unram, terutama dalam pelatihan PEKERTI dan AA. Kesediaan Unizar untuk mengundang narasumber diacara pelatihan yang akan segera digelar nanti.

“Nanti kita akan gelar workshop atau pelatihan dalam implementasi sistem penjaminan mutu,” ungkapnya, Rabu 9 September 2020, di Rektorat Unizar Mataram.

Dikatakan Dr. Lestari mutu pendidikan harus terus ditingkatkan dan bisa sama, kalau berbeda tapi baginya jangan terlalu jauh, terlebih di masa pandemi Covid-19. Tidak mengurangi kualitas mutu itu sendiri karena ada celah dan cara lain melalui pembelajaran daring. “Itu lah manfaat akreditasi. Oleh sebab itu, perlu dibangun kerjasama yang baik.

Sementara itu, Rektor Unizar Mataram, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP berterima kasih atas penjajakan kerjasama bidang mutu pendidik. Ini juga merupakan jalan untuk terus membangun kerjasama kedepan. “Ini sangat penting dan harus dilakukan untuk pengembangan mutu dan kualitas pendidikan di Universitas yang kami pimpin,” kata dia.

Kepala BPM Unizar Mataram, Fathurrahman, SE, M.Ak, mengatakan, penjajakan kerjasama ini untuk menjaga kualitas dari lulusan, dan pastikan tata kelola perguruan tinggi bisa berjalan sesuai aturan.

“Kami akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak Unram dalam hal peningkatan kualitas mutu pendidikan tersebut. Kalau pun tenaga pengajar sangat ramping namun tidak mengurangi niat untuk terus meningkatkan mutu pendidikan itu,” ujarnya.

Fathurrahman berharap, penjajakan kerjasama LPMPP Unram dan Unizar bisa menjadi mitra dalam pendidikan dan jaminan mutu, baik menyangkut kualitas atau luaran terhadap mahasiswa, dari proses pembelajaran sampai mahasiswa itu selesai.

Adapun yang hadir pada kesempatan itu, Sekretaris LPMPP (Dr. Nasmi Herlina Sari), Koordinator penjaminan mutu (Dr. Siti Latifah) dan pengembangan pendidikan (Dr. Lalu Muhaimi), KTU dan Kasubag LPMPP unram. Ada juga Wakil Rektor III Unizar Mataram, Arya Sosman, kemudian Baiq Diah Fitasari dan Baiq Santi Rengganis. (TN-red)

Related Articles

Back to top button