Dosen FE Unizar Mataram Edukasi Masyarakat dalam Pembuatan Rencana Keuangan Keluarga di Masa Pandemi

Mataram, Talikanews.com – Tim Dosen Universitas Al-Azhar Mataram, mengedukasi masyarakat dalam pembuatan rencana keuangan keluarga di masa pandemi covid-19, yang merupakan bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tentang pemahaman perencanaan keuangan.

Kegiatan PKM itu berlangsung di Kelurahan Turida Barat, Kecamatan Sandubaya, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu 2 September 2020.

Salah seorang Dosen Fakultas Ekonomi, Unizar Mataram, Muhammad Habibullah Aminy, SE., MEK., MH, menyampaikan, kegiatan tersebut untuk menumbuhkan awareness masyarakat Turida Barat dalam menyikapi wabah covid-19 terutama yang terkait penerapan protokol covid 19 dan literasi keuangan di masa pandemi.

“Mungkin kami tidak bisa berbuat banyak kepada masyarakat ketika kaitannya finansial. Tapi, kami ingin memberikan pemahaman kepasa masyarakat tentang pengelolaan keuangan di massa pandemi Covid-19,” ungkapnya di hadapan 50 peserta bertema “Peran keluarga dalam perencanaan keuangan dimasa covid-19”.

Habib mengaku, banyak masyarakat perekonomian terdampak akibat bpandemi covid-19, baik itu fisik, keterbatasan gerak dan mobilitas.

Terlebih, sejak adanya kebijakan stay at home, work from home, dan tentunya yang paling berdampak adalah mereka-mereka yang terpapar covid-19, termasuk yang merawatnya.

“Secara ekonomi jelas terhadap saudara kita kena PHK, keluarganya pun terkena imbas. Artinya kita mengalami apa yang disebut dengan kehidupan yang memprihatinkan,” kata dia.

Oleh sebab itu, dengan PKM ini merupakan salah satu tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh dosen sebagai tanggung jawab keilmuan atau akademiknya.

Habib kembali mengulas tema “peran keluarga dalam perencanaan keuangan dimasa covid-19”. Terdapat beberapa materi yang di paparkan oleh tim dosen FE Unizar diantaranya, peran masyarakat dalam mencegah penularan covid-19 dan mempercepat penanganan penyebaran covid-19 serta materi perencanaan keuangan dalam keluarga di masa covid-19.

Habib ibaratkan sebuah pepatah seperti kata para tetua-tetua terdahulu, setiap manusia selalu tertawan dengan zamannya. Di setiap zaman dan masa selalu ada masalah bagi manusia. Karenanya akal manusia pun bak tumbuh tatkala ada masalah, tentu dengan segala keterbatasannya.

Akal, dan kreatifitas manusia cenderung mencari penyesuaian-penyesuaian, adaptasi dan akselerasi dalam membenarkan aktivitas, terutama masa pandemi covid-19 serta new normal.

Di acara itu, terlihat antusiasme masyarakat setempat mengkuti kegiatan PKM tersebut hingga acara selesai yang tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Mewakili masyarakat, Kepala Lingkungan Turida Barat, H. Aminudin berharap kegiatan ini terus dilakukan di masa covid-19 agar pemahaman masyarakat tentang covid-19, bisa terupdate terutama permasalahan ekonomi dan keuangan yang dihadapi.

“Kami sangat berterimakasih sekali kepada Tim dosen FE Unizar yang mengedukasi melalui kegiatan PKM di Lingkungan kami. Banyak ilmu dan pengetahuan bisa di dapat terutama mengenai perencanaan keuangan di masa covid-19 ini,” ujarnya.

Sekali lagi, selaku Kaling berharapan, Unizar terus melakukan kegiatan serupa karena sangat bermanfaat. Terlebih di Lingkungan Turida Barat, jarak kampus Unizar sangat dekat.

Adapun Tim dosen yang hadir yakni, Halpiah, SE., M.Ak., Baiq Dewi Lita Andiana, SE., MAC., Hery Astika Putra, SE., M.Ak., Ahmad Suhendri, SE., ME, Bq. Rizka Milania Ulfa, SE., MM., Laili Huriati, SE., ME, dan Titin Windiasari, SE., MM. (TN-red)

Related Articles

Back to top button