Rakerwil Perdana MOI NTB Rumuskan Sejumlah Program

Mataram, Talikanews.com – Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) perdana Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berlangsung Sabtu 29 hingga Minggu 30 Agustus 2020, rumuskan sejumlah program.

Adapun sejumlah program yang dirumuskan dalam Rakerwil tersebut yakni, meningkatkan sumber daya wartawan dengan cara uji kompetensi. Kemudian, gelar road show ke setiap cabang MOI di daerah, memperkuat hubungan emosional dalam membangun informasi konstruktif.

Selanjutnya, pelatihan jurnalistik, sertifikasi anggota MOI, melakukan inventarisasi dan registrasi Anggota MOI. “Yang paling bergengsi MOI NTB Award 2020,” ungkap Ketua DPW MOI NTB Lalu Fatah Prawira, saat Rakerwil, Sabtu 29 Agustus 2020, di Mataram.

Fatah menambahkan mengenai pogram lainnya yakni, menggelar diskusi mengenai pembanguanan di daerah bersama para jurnalis dan media itu sendiri. Terakhir, bangun kerjasama yang baik dengan stekholder daerah.

“Kita sudah bahas apa yang menjadi agenda kedepan bersama para DPC MOI,” kata dia.

Kedepan, MOI diharapkan tidak sekedar organisasi yang menaungi perusahaan media, tapi bisa lebih berkontribusi bagi kemajuan pembangunan daerah NTB, melalui produk jurnalistik berkualitas dan membangun.

Apalagi menyambut agenda Pilkada NTB yang akan berlangsung di tujuh kabupaten dan kota dalam beberapa bulan ke depan, sebagai pilar keempat demokrasi, media memiliki peranan penting dalam memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat.

“Kesuksesan pelaksanaan Pilkada juga tidak lepas dari peran media melalui produk jurnalistik dihasilkan,” paparnya.

Dikatakan Fatah, peranan media sangat penting terutama media online yakni membantu menciptakan Pilkada damai, memerangi berita bohong melalui informasi sehat dan mencerahkan. Termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat, agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Korwil MOI Bali-Nusra, Abdul Sukur mengatakan, saat ini, konsep di media online semakin maju dan berkembang. Oleh sebab itu, dirinya mengajak MOI membendung informasi hoax, harus berdiri kritis namun bukan oposisi serta kedepankan informasi konstruktif.

“MOI harus kompak, rukun dan kuatkan organisasi. solidkan pengurus untuk menghasilkan kerja organisasi. Saya juga apresiasi pemerintah daerah yang mendukung lajunya media online selama ini,” ucapnya.

Untuk diketahui, Rakerwil itu juga dirangkai talk show bertema “Peran Media Online di Pilkada NTB 2020 Dalama Masa Pandemi”. Hadir sebagai narasumber dari Polda NTB dan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik. (TN-red)

Related Articles

Back to top button