“Indonesia Bangkit dan Hebat”, Pelaku Pariwisata Gili Trawangan: Menyerah Bukan Pilihan

Lombok Utara, Talikanews.com – Pelaku pariwisata yang ada di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, khususnya di Gili Trawangan, terus berusaha bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu terlihat dari upaya mengembalikan kondisi pariwisata ditengah mewabahnya virus corona, dengan menggelar berbagai kegiatan, seperti panjat pinang, tarik tambang, bazar dan lomba bola dangdut, mengangkat tema “Indonesia bangkit, Indonesia hebat”, karena mengalah bukan pilihan, yang dilangsungkan selama Tiga hari, di ikuti peserta mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Bahkan, di moment HUT RI ke-75 tahun 2020, digelar upacara pengibaran bendera merah putih, di ikuti masyarakat Gili Trawangan dan Wisatawan Mancanegara.

Panitia acara juga General Manager Gili Sands Resorts , Ain Hussin menyampaikan, saat ini kondisi pariwisata di Gili Trawangan Lombok, cukup memprihatinkan, yakni cukup sepi. Padahal tempat wisata yang satu ini, sebelumnya tidak pernah sepi, tapi sekarang, sangat sepi sehingga jarum jatuh pun bisa terdengar.

“Mulai sepi sejak tanggal 16 Maret, karena ditutup akibat pandemi Covid-19. Namun, sampai saat ini tidak ada kasus, kata lain masih zona hijau,” ungkapnya, Senin 17 Agustus 2020.

Ain Hussin menjelaskan, sengaja menggelar kegiatan lomba tersebut untuk membangkitkan semangat pariwisata NTB supaya diketahui wisatawan dunia.

“Tema yang kami buat itu dengan harapan, Indonesia akan terus bangkit kerna menyerah bukan pilihan waktu ini. Kami mau masyarakat tahu bahwa selagi kita bisa bersatu pasti semesta (Tuhan) akan membahu dan membantu kita,” kata dia.

Dia mengaku, acara membangkitkan semangat juang pariwisata tersebut merupakan inisiatifnya yang support oleh GHA, HMA, BPPD dan Ibu PKK Gili Trawangan. Adapun hadiah disiapkan untuk anak-anak berupa peralatan sekolah. Sedangkan, dewasa berupa Sembak dan untuk hadiah panjat pinang senilai Rp 2 juta, dikemas berupa barang dan uang cash.

“Total peserta untuk anak- anak lebih 80 orang, dan Dewasa hampir 200 orang campuran lokal dan mancanegara,” tuturnya.

Yang jelas lanjutnya, acara itu digelar dengan harapan berharapan membangkit semangat warga Gili Trawangan buntuk terus bertahan dan berjuang ditengah pandemi Covid-19.

“Melihat situasi dan semangat yang diwujudkan, melalui acara seperti ini, akan segera membantu untuk proses pemulihan dunia para wisatawan dan kami berharap, pemerintah bisa membuat satu keputusan yang tegas atau firm decision dan tidak bolak balik. Kami butuh guideline yang membina dan jelas dalam menjalani new normal,” cetusnya.

Ain Hussin menambahkan, khusus di Gili Sands Resorts, tidak pernah sepi seperti ditempat lain, kalaupun tidak seperti kondisi sebelumnya sangat ramai. Hal itu karena, dirinya selalu membuat acara pasar weekend dan setiap minggu tetap menjalankan aktivitas buat anak-anak dan keluarga bagi masyarakat Gili Trawangan.

“Kami selalu mendukung pemerintah terus memulihkan kondisi wabah Covid-19. Tapi, kami juga butuh support supaya pemerintah membuat keputusan tegas dan butuh guideline yang membina dan jelas dalam menjalani new normal,” pungkasnya. (TN-red)

Related Articles

Back to top button