Masyarakat NTB di Johor Malaysia, Mendoakan Indonesia Semakin Maju di HUT RI ke-75

Johor, Talikanews.com – Perayaan HUT RI ke-75 tahun 2020, akan sangat berbeda dirasakan oleh Persatuan Masyarakat Nusa Tenggara Barat (PMNTB) Johor, Malaysia.

Bagaimana tidak, pada HUT RI tahun sebelumnya, mereka merayakan dengan membuat berbagai macam kegiatan, termasuk ketika upacara bendera, mereka menggunakan baju Khas Lombok di Konsulat serta menggelar pameran menu masakan khas Lombok.

Namun tahun 2020, kegiatan tersebut di tiadakan karena tidak diperbolehkan ada perkumpulan banyak orang. “Kami hanya pengibaran dan penurunan bendera saja bersama staf kekonsuleran. Ini disebabkan adanya virus corona. Alhamdulillah kita sudah pra kegiatan tadi sore,” ungkap ketua PMNTB Johor, Gufron Hafizulhadi, saat di konfirmasi talikanews.com, via WhatsApp, Minggu 16 Agustus 2020.

Dia mengaku, untuk acara kali ini, cukup kumpul brsama anggota, gelar yasinan, zikir dan mendoakan semoga Indonesia semakin maju. Bahkan, meminta (bermunajat) kepada Sang Pencipta, supaya wabah Covid-19 segera berakhir.

tanggal 17 Agustus 2020 kali ini terasa lain. Di hari kemerdekaan RI yang ke-75 ini sangat beda dengan tahun sebelumnya. Karena wabah covid 19 yang sedang melanda dunia.

Oleh karenanya, PMNTB yang berada di Johor, merayakan HUT RI dengan sangat sederhana. Tidak ada pentas, tidak ada bazar menu Indonesia, tidak ada persembahan kebudayaan. “Tapi dalam hati, kami tetap terpatri semangat cinta tanah air yang sangat dalam,” kata dia.

Gufron memaparkan, pada HUT RI tahun 2019, PMNTB di Johor menggelar acara prosesi adat Nyongkolan suku sasak layaknya di Lombok.

Begitu juga HUT RI tahun 2018, mereka mengadakan bazar menu tradisional Khas Sasak, misalnya Jaje Tujak Poteng (Tape), Nasi Kaput Khas Lombok (Nasi Bungkus Daun,red), Ayam Tliwang dan lainnya.

Untuk HUT RI tahun 2017, PMNTB di Johor, memperkenalkan baju tradisional Sasak dan Bazar Kain Tenun Lombok seperti, Baju pengantin (Tampet, besapuk) dan baju lambung.

“Bahkan kami buat pertunjukan nyongkolan dengan acara Pembayun di konsulat Johor,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button