Lantaran BA-1 KWK, Amin – Farhan Adukan KPU Loteng ke Bawaslu

Lombok Tengah, Talikanews.com – Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan yakni Amin-Farhan di dampingi LO mendatangi kantor Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah.

Kedatangan mereka untuk mengajukan permohonan penyelesaian sengketa atas BA-1 KWK perseorangan perbaikan yang dikeluarkan oleh KPU Lombok Tengah yang menyatakan bahwa syarat dukungan perbaikan Bapaslon Amin-Farhan tidak memenuhi syarat.

“Betul ada pasangan bakal calon yang datang mengadu terkait BA-1 KWK yang merupakan keputusan KPU,” ungkap ketua Bawaslu Loteng, Abdul Hanan, Senin 3 Agustus 2020.

Hanan menjelaskan, berdasarkan ketentuan Perbawaslu Nomor 2 tahun 2020 Tentang tata cara penyelesaian sengketa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur/Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota bahwa, permohonan penyelesaian sengketa dapat diajukan paling lama 3 hari kerja terhitung sejak keputusan atau BA dikeluarkan.

Berdasarkan ketentuan tersebut penghitungan tiga hari kerja dimulai pada hari Rabu tanggal 29 Juli, karena BA keluar pada hari Selasa tanggal 28 Juli 2020. Sehingga 3 hari terhitung dimulai pada hari Rabu, Kamis dan Senen.

“Hari pertama dan kedua pengajuan permohonan dilayani pukul 8.00-16.00 Wita namun pada hari ketiga sampai Pukul 24.00 Wita,” kata dia.

Kendati demikian, Bawaslu Lombok Tengah telah menyiapkan Desk penerimaan permohonan sengketa di Kantor Bawaslu untuk melayani permohonan sengketa tersebut.

Terhadap berkas permohonan yang diserahkan Amin-Farhan, selanjutnya akan diverifikasi kelengkapan syarat formil dan materilnya untuk dinyatakan lengkap atau tidak.

Apabila belum lengkap maka terhadap pemohon dapat di berikan perpanjangan waktu selama 3 hari sejak pemberitahuan kekurangan dokumen itu diterima. Hal ini sesuai dengan Ketentuan Perbawaslu 02/2020 dan Keputusan Bawaslu RI no:1419/K. Bawaslu/PM.07.00/ VII/2020 Tentang petunjuk teknis penyelesaian Sengketa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati, Serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. (TN-red)

Related Articles

Back to top button