Hukum & Kriminal

HUT Bhayangkara 74, Priyo Terima Penghargaan dari Kapolda NTB terkait Diskresi

Mataram, Talikanews.com – Peringatan HUT Bhayangkara ke-74 tahun 2020 merupakan sebuah kebanggaan bagi anggota Instusi Polri, terutama jajaran Polisi Daerah Nusa Tenggara Barat.

Terlebih bagi Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP Priyo Suhartono diberikan piagam penghargaan oleh Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal karena berdedikasi dibidang penegakan hukum terkait pengambilan kebijakan/diskresi menolak laporan salah seorang warga yang melaporkan Ibu kandungnya sendiri.

Begitu halnya Kanit I Sipatwal Subdit Patroli Ditpolairud Polda NTB Iptu H. Sudarman, telah berdedikasi dibidang sosial ekonomi sebagai inisiator dan motivator dalam mengedukasi dan mengajak masyarakat eks TKI membentuk kelompok tani garam beryodium. Terakhir, Bhabinkamtibmas Bripka Suhaimi, S.H. dan Babinsa Sertu Markinun yang memfasilitasi kegiatan bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu di Desa Lembar, Lombok Barat.

Kapolda NTB Irjen Pol. M. Iqbal mengungkapkan, peringatan HUT Bhayangkara tahun ini dilaksanakan secara sederhana. Setiap rangkaian mengacu protokol kesehatan menuju new normal life.

“Saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, sehingga peringatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 ini disesuaikan dengan kondisi yang ada. Artinya, semua konsep kegiatan di masa transisi menuju new normal life harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya, Rabu 1 Juli 2020 di Mataram.

Dia menyebut tema HUT Bhayangkara ke-74 tahun tahun ini yakni, “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”. Tema menitip pesan bahwa, Korps Bhayangkara berharap agar di masa pandemi Covid-19 ini, keamanan dan ketertiban (kamtib) tetap kondusif sehingga masyarakat dapat berkatifitas dan semakin produktif dengan diterapkannya new normal life.

Baca juga :  Protes Penegakan Hukum, Warga Wawondaru Blokir Jalan

“Harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, red) harus tercipta di masa transisi menuju new normal life ini. Korps Bhayangkara dan TNI dengan bergandengan tangan bersama semua stakeholder yang ada di NTB, maka kamtibmas yang kondusif akan mampu kita wujudkan, insya Allah,” tandasnya.

Kapolda NTB menegaskan, sesuai pesan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, agar Polri selalu ada di tengah dan untuk masyarakat dalam situasi dan kondisi (sikon) apapun, itulah sebabnya program Polda NTB termasuk dalam perayaan Hari Bhayangkara, lebih mengarah ke bakti sosial, dalam tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mengedepankan humanis approach (pendekatan kemanusiaan).

“Lebih-lebih pada masa pandemi Covid-19 ini. Sejak hari pertama menginjakkan kaki di Lombok ini langsung menemui pemangku kebijakan di daerah, para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta bersinergi dengan insan media,” ujarnya.

Selain mengenalkan diri lanjutnya, mohon doa dan dukungan dalam mengemban amanat memimpin Polda NTB, itu sebagai langkah awal menghimpun data dan informasi untuk kemudian menjadi bahan pemetaan, demi terciptanya kamtibmas NTB yang kondusif dan gemilang. (TN-red)

Related Articles

Back to top button
Close