Daerah

Gubernur NTB Terbitkan SE Bebas Biaya Rapid Test bagi Pelajar dan Mahasiswa

Mataram, Talikanews.com – Untuk meringankan beban para pelajar dan mahasiswa dalam mengenyam pendidikan di massa pandemi Covid-19.

Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah terbitkan Surat Edaran (SE) nomor : 900 118/ 209 tentang pembebasan biaya rapid test Covid-19 bagi pelajar, santri dan mahasiswa di NTB, tertanggal 23 Juni 2020.

Adapun isi SE itu yakni, berdasarkan peraturan Gubernur nomor 31 tahun 2020 tentang penanggulangan dan penanganan Covid-19. Perlu dilakukan langkah-langkah
penanggulangan untuk memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Sehubungan dengan itu, diminta perhatian kepada seluruh Bupati/Walikota terhadap hal-hal sebagai berikut,

1. Memberikan pembebasan biaya Rapid Test Covid-19 untuk pelajar, santri dan mahasiswa yang belajar ke luar daerah, hasil dari Rapid Test Covid-19 tersebut sebagai syarat untuk pembelajaran di sekolah/universitas tujuan.

2. Waktu pelaksanaan disesuaikan dengan jadwal pembelajaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Persyaratan untuk mendapatkan Rapid Test Covid-19 dengan membawa
Kartu Pelajar/Mahasiswa.

4. Untuk pemeriksaan akan dilakukan secara berkelompok baik pelajar, santri maupun mahasiswa yang dikoordinir oleh perwakilan sekolah maupun Universitas masing-masing.

5. Menunjuk fasilitas kesehatan pada masing-masing Kabupaten/Kota yang
melaksanakan Rapid Test Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhadini Eka Dewi mengatakan, rapid test itu diperlukan untuk pelajar dan mahasiswa yang akan kembali ke Kampus nya diluar NTB.
“Untuk dalam daerah, Kabupaten/Kota juga sudah menetapkan hal yang sama,” ungkapnya Sabtu 27 Juni 2020.

Eka menjelaskan, pemeriksaan rapid test itu dilakukan saat tahun ajaran baru dimulai, dibuktikan dengan pemanggilan bagi pelajar oleh sekolah/kampus masing-masing.

“Maksud SE itu, tidak membebankan pelajar dan mahasiswa ketika ada pemanggilan masuk tahun ajaran baru karena, setiap Kabupaten/Kota menyediakan rapid test gratis,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button
Close