Pemerintahan

DPRD NTB Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD Pemprov 2019

Mataram, Talikanews.com – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Pemprov tahun anggaran 2019 dan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI, telah disetujui Badan Angaran (Banggar) DPRD Provinsi NTB dalam rapat Paripurna, Jumat 26 Juni 2020.

Setelah Banggar menyampaikan laporan hasil pembahasannya, pimpinan sidang yakni Hj. Baiq Isvie Rupaeda, meyimpulkan bahwa secara umum Laporan Realisisasi Anggaran tahun anggaran 2019 terdiri dari (a) Pendapatan sebesar Rp. 5.197.727.488.242,00 (b) Belanja dan Transfer sebesar Rp. 5.148.158.519.514,76 surplus sebesar Rp. 49.568.968.727,24. (c) Pembiayaan, terdiri dari (c.1) Penerimaan Rp. 95.360.252.975,39 (c.2) Pengeluaran 20.000.000.000,00 dan (c.3) Pembiyaan Netto Rp. 95.360.252.975,39 terakhir, (d) Silpa sebesar Rp. 144.929.221.702,61.

“Atas kesimpulan sementara ini, juga setelah Banggar menyampaikan laporan hasil pembahasannya, DPRD Provinsi NTB sepakat menyetujui Raperda diatas untuk ditetapkan menjadi Perda Provinsi NTB. Tentunya setelah melalui evaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri,” ungkap Isvie didampingi H. Muzihir di hadapan sidang paripurna tadi.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, mengatakan pemerintah provinsi mengpresiasi dan penghargaan kepada DPRD Provinsi NTB, yang telah melakukan pembahasan dan memberikan telaah secara komprehensif, tentang pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 sehingga disetujui menjadi Peraturan Daerah.

Wagub mengatakan, sejumlah catatan-catatan penting, dan berbagai masukan dari Badan Angaran (Banggar) DPRD Provinsi NTB, akan menjadi perhatian serius untuk ditindaklanjuti dalam bentuk perbaikan pada pelaksanaan APBD di masa-masa yang akan datang.

Dikatakan Umi Rohmi, tekad untuk terus melakukan perbaikan itu selaras dengan komitmen pemerintah, bahwa berbagai program pemertintah dan kegiatan pembangunan yang dicanangkan dan sedang diupayakan, melalui pemanfaatan potensi APBD setiap tahun yang dihajatkan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Dengan demikian diharapkan, seluruh upaya pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pemanfaatan potensi APBD, untuk menjangkau kebutuhan masyarakat yang lebih besar, secara bertahap akan dapat terwujudkan.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas dukungan, serta kemitraan yang terjalin baik selama ini, khususnya selama proses pembahasan raperda, tentang laporan keterangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 ini,” kata dia.

Selain itu Wagub juga menilai, tingginya komitmen dan kesamaan sikap, serta pandangan antara eksekutif dan legislatif, yang telah terbangun dengan baik ini, sebagai sesuatu yang sangat positif, sebagai suatu kekuatan bersama dalam ikhtiar membangun daerah.

Untuk itu ia berharap, suasana kebatinan dan kebersamaan itu dapat terus dibangun, ditingkatkan, dimantapkan dan dipelihara di masa-masa yang akan datang. “Dengan demikian apa yang menjadi cita-cita dan harapan kita bersama, yakni terwujudnya NTB Gemilang dapat diwujudkan,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button
Close