Ini Alasan Diskominfotik NTB Tunda Seleksi dan Perpanjang Massa Jabatan Komisi Informasi

Mataram, Talikanews.com – Ditundanya seleksi penerimaan calon komisioner Komisi Informasi KI Nusa Tenggara Barat dan perpanjangan massa jabatan Komisioner sebelumnya, mendapat perhatian dari berbagai pihak. Termasuk, kalangan politisi Udaya khususnya Komisi I DPRD NTB leading sektor Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik.

Terkait hal itu, Kepala Diskominfotik NTB, I Gede Putu Aryadi menyampaikan, proses seleksi itu harus mengikuti pedoman peraturan Komisi Informasi (KI) yang secara tegas mengatur tahapan-tahapan seleksi oleh panitia seleksi (Pansel).

Dimana dengan tegas diatur dalam peraturan Komisi Informasi nimor 4 tahun 2016 tentang pedoman pelaksanaan seleksi dan penetapan Anggota Komisi Informasi.

“Diskominfotik tidak bisa bekerja diluar ketentuan tersebut. Pansel juga bekerja independen,” ungkapnya meluruskan pertanyaan masyarakat, Selasa 23 Juni 2020.

Dia juga menjelaskan bahwa, penundaan seleksi anggota KI itu terjadi di seluruh Indonesia, bukan hanya di NTB saja. “Semua KI daerah ditunda pansel karena Covid 19, dan masa jabatan KI sebelumnya sudah diperpanjang,” kata dia.

Malah lanjutnya, DKI Jakarta yang telah berakhir massa jabatan sejak Januari 2020 juga ditunda dan diperpanjang masa jabatan KI sampai perkembangan bencana alam ini memungkinkan pelaksanaan seleksi diteruskan.

Aryadi menambahkan, dalam peraturan KI itu, proses seleksi tersebut tidak memungkinkan dilakukan secara Darling karena, Pansel bekerja secara obyektif dan independent. Sehingga pelaksanaan seleksi tidak bisa dilaksanakan bersama Dinas Kominfo Kabupaten/Kota, apalagi di delegasikan ke Kabupaten/Kota.

“Kita bekerja sesuai aturan. Test CPNS saja ditunda akibat kondisi pandemi Covid-19 belum normal,” tutupnya (TN-red)

Related Articles

Back to top button