Pekan Depan, Lotim Lakukan Test Swab Secara Mandiri

Lombok Timur, Talikanews.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, NTB kini memiliki alat RT PCR sebanyak dua unit. Dengan adanya alat tersebut, maka Tim Medis disana siap melakukan test swab secara mandiri dan itu akan dimulai pekan depan.

Direktur RSUD Selong, dr. Tontowi Jauhari menyampaikan bahwa dua unit alat Test Swab yang selama ini dicanangkan tim satgas covid-19 Lotim sudah tiba di Rumah Sakit Raden Soedjono Selong pada Rabu malam 10 Juni 2020.

“Iya benar, alat itu sudah datang tadi malam. Baru bisa digunakan tiga hari yang akan datang, paling lambat 15 Juni 2020,” ungkapnya Kamis, 11 Juni 2020.

dr. Tontowi mengatakan bahwa untuk saat ini, alat Test Swab itu, selain masih dalam proses instalasi di rumah Sakit juga persiapan ruangan khusus untuk melakukan Test.

“Yang mau diuji itu kan sampel infeksius, jadi ruangannya harus dibuat khusus dengan tekanan negatif,” jelasnya.

Adapun lokasi operasional mesin tersebut, lanjut dr. Tontowi, masing-masing unit akan diletakkan di RSUD Selong dan RSUD Lotim di Labuhan Haji, di mana dalam satu kali Test bisa memeriksa 50 Sampel sekaligus.

“Untu sekali Test bisa menampung sekitar 50 sampel yang akan kita taruh di masing-masing Rumah Sakit, yakni RSUD Selong dan RSUD Labuhan Haji,” tutupnya. (TN-08)

Related Articles

Back to top button