Pemerintahan

Pemkab Lotim Kembali Raih Predikat Opini WTP Keempat Kali dari BPK RI Perwakilan NTB

Lombok Timur, Talikanews.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat kembali mendapatkan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keempat kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan NTB atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Lotim untuk Tahun Anggaran 2019.

Penyerahan Predikat Opini WTP oleh BPK RI tersebut dilakukan secara daring menggunakan sarana video conference (Vicon) pada Selasa, 02 Juni 2020 di kantor Bupati Lombok Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lotim, H.M. Sukiman Azmy mengapresiasi penilain BPK RI Perwakilan NTB yang telah memberikan Opini WTP bagi Lotim untuk yang keempat kalinya.

Dia mengaku pencapaian itu merupakan hasil kerja semua pihak yang selalu berpegang teguh pada PP (peraturan pemerintah) Nomer 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah di dalam memaksimalkan realisasi anggaran tahun 2019 sesuai kondisi yang dihadapi.

Menurutnya, audit yang dilakukan oleh BPK RI perwakilan NTB itu berlangsung kondusif dan edukatif, karena banyak masukan-masukan dan rekomendasi yang diterima oleh pemkab Lotim dari BPK RI perwakilan NTB.

Terhadap rekomendasi itu, Sukiman berjanji akan menindaklanjutinya berdasarkan temuan, dalam rentang waktu 60 hari sesuai ketentuan yang berlaku. Oleh karenanya, lanjut Sukiman, Lotim butuh pendampingan dan arahan dari auditor BPK RI agar upaya itu lebih intensif.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dan arahan dari BPK RI supaya kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Tidak hanya WTP empat kali, bahkan mungkin 5 atau 6 kali atau lebih,” ungkapnya.

Sukiman berjanji akan terus meningkatkan kerjasama, supaya setiap Kabupaten kota dapat terus mendapatkan opini WTP seperti ini, serta dapat mewujudkan prinsip pemerintahan yang baik di NTB.

“Jika ada temuan-temuan dari BPK, ya tentu kami akan tindak lanjuti untuk perbaikan selanjutnya sebagaimana harapan BPK RI Perwakilan NTB,” kata Sukiman, Selasa, 02 Juni 2020.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan NTB, Hery Purwono mengatakan, pemberian Opini WTP itu tidak hanya untuk Lotim melainkan empat Kabupaten/Kota yang ada di NTB, merupakan periode terakhir.

Empat kabupaten/kota yang dimaksud itu ialah Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Kabupaten Sumbawa dan Kota Bima.

Adapun proses pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) TA 2019 oleh BPK Perwakilan Provinsi NTB dilakukan secara online dengan teknik wawancara, konfirmasi, dokumentasi dan prosedur alternatif cek fisik.

Menurut Hery, Lombok Timur mendapat predikat Opini WTP itu karena dinilai memiliki kepatuhan dalam menyelesaikan laporan keuangan, di mana mana hal itu sesuai dengan UU Nomor 12 tahun 2004 tentang pelaksanaan pengelolaan dan pemeriksaan keuangan negara dan UU Nomor 12 tahun 2006 tentang Badan Pemeriksaa Keuangan.

“Lotim pantas menerima Opini WTP karena manajemen keuangannya bagus,” pungkasnya. (TN-08)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close