Daerah

Bandara Internasional Lombok Siapkan Alur dan Prosedur Menuju New Normal

Mataram, Talikanews.com – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (BIL) mulai mempersiapkan fasilitas dan sumber daya manusia menuju new normal.

Adapun yang sudah dipersiapkan yakni, alur dan prosedur kedatangan penumpang maupun akan berangkat yang mengacu pada protokol Covid-19.

“BIL sudah siapkan alur dan prosedur terkait kesiapan new normal, mungkin implementasinya setelah nanti penerbangan terbatas dicabut statusnya,” ungkap Communication dan Legal Manager PT AP I BIL, Arif Hariyanto, Minggu 31 Mei 2020.

Arif menjelaskan yang dimaksudkan alur dan prosedur itu misalnya, calon penumpang sebelum masuk terminal diversifikasi dahulu persyaratannya oleh petugas maskapai dan KKP. Setelah itu, ada pengecekan suhu tubuh lewat thermal scanner. Begitu halnya terhadap kedatangan, harus melewati thermal scanner, dilanjutkan verifikasi dokumen yang dilakukan di bandara asal.

“Kita Sudah siap menuju new normal, namun pelaksanaan yakni 8 Juni. Itu pun jika memang pembatasan penerbangan komersial sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 116/2020 dinyatakan usai,” kata dia.

Arif memaparkan kesiapan di Bandara Internasional Lombok mulai dari peralatan, fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) sudah sangat siap. Termasuk antrian dan ruang tunggu penumpang di Bandara juga sudah mengadopsi physical distancing.

“New normal di Bandara kemungkinan tanggal 8 Juni di mulai, setelah Keputusan Menteri Perhubungan nomor 116 selesai tanggal 7 Juni mendatang. Intinya kami sudah siap,” tuturnya.

Dia menambahkan, pedoman protokol new normal itu juga berlaku untuk seluruh pegawai di lingkungan bandara maupun pengelola tenan di bandara.

Salah satu isi prokotol adalah penerapan
Social/Physical Distancing, pengecekan dokumen kesehatan, dan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang, mitra usaha dan seluruh personil yang bertugas di Bandara.

Pelaksanaan Physical Distancing berlangsung melalui pengaturan jarak antrian minimal 1,5 meter pada area Check In, Security Check Point, Imigrasi, Boarding Lounge, Garbarata, area Baggage Claim serta area tunggu transportasi publik.

“Kami memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti Counter Check In, Trolly, Self Check In Machine, SCP (Tray & X Ray), Toilet, Boarding Pass Scanner, Hand Rail, Armchair dan lain sebagainya di bandara kami dilakukan pembersihan secara intens & berkala menggunakan desinfektan untuk memberikan rasa aman kepada penumpang saat sedang melakukan perjalanan,” Arif memaparkan.

Petugas operasional yang bertugas wajib
mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari kacamata pelindung (goggles), masker, sarung tangan serta menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di area-area terminal.

“Pedoman Protokol Kesehatan The New Normal ini akan kami sosialisasikan secara luas dan mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close