Daerah

Menjamin Stabilitas Keamanan di Pandemi Covid-19, Lombok Barat Gelar Pasukan Berskala Besar

Lombok Barat, Talikanews.com – Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyampaikan kesiapan tim pengamanan strategis untuk menjamin stabilitas kemanan daerah dan untuk meminimalisir dampak Covid-19 di tengah-tengah masyarakat. Oleh sebab itu, Fauzan gelar pasukan berskala besar bersama Polres dan Kodim 1606/Lobar.

“Masyarakat kita yang sudah terinfeksi Covid-19 kurang lebih 92 orang. Tenaga medis kita bagi penanganan Covid-19 di Lobar sudah berkurang. Dalam kondisi tenaga kesehatan yang minim seperti ini, dibutuhkan usaha yang lebih lagi dari kita semua,”ungkapnya saat apel gelar pasukan dalam rangka Patroli Berskala Besar di Kabupaten Lombok Barat, Sabtu 23 Mei 2020 di Jalan By Pas Bandara Internasional Lombok, Bundaran Giri Menang Scuare (GMS).

Bupati memastikan sudah ada tenaga medis dan paramedis yang harus menjalani isolasi akibat Covid 19. Didampingi Sekretaris Daerah, Bupati mengajak lalu meminta semua pihak terlibat memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya Covid-19.

Mengantisipasi kondisi beberapa hari ke depan, Fauzan Khalid menduga tidak ada wilayah yang berada dalam zona hijau di Lombok Barat.

“Tanpa peran serta dan keikutsertaan masyarakat, maka Covid-19 ini tak mungkin bisa kita hambat. Ini penyakit kerumunan,” ujarnya.

Kebijakan yang diambil Fauzan bentuk menghimbau masyarakat untuk tidak mengadakan acara yang melibatkan banyak orang, baik acara yang terkait dengan aspek ekonomi, sosial maupun aspek religi (peribadatan). Selain itu adalah dengan kedisiplinan mematuhi aturan dan anjuran pemerintah. Untuk kegiatan perekonomian seperti pasar, menurut bupati harus dilakukan secara persuasif, mengingat pasar tidak mungkin akan ditutup secara langsung karena pasar merupakan jantung ekonomi masayarakat.

“Kita akan lakukan pembatasan dan mewajibkan setiap pasar menjalani protokol kesehatan. Itu akan dikontrol oleh kita besama termasuk dari TNI-Polri, Disperindag,” tegas Bupati.

Bupati Fauzan saat itu meminta agar masyarakat bisa merayakan lebaran di rumah dan tidak mengunjungi tempat-tempat wisata.

“Pasca Idul Fitri, seluruh tempat-tempat wisata di Lobar ini akan ditutup. Selama ini sudah kita tutup,” tegas Fauzan Khalid. (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close