Daerah

Sebanyak 208 Warga NTB yang Positif Covid-19 Berlebaran di Rumah Sakit

Mataram, Talikanews.com – Semua umat Muslim di seluruh dunia merayakan hari lebaran atau Fitrah 1441 H tahun 2020 bersama keluarganya. Lain halnya dengan 208 orang warga NTB ini terpaksa merayakan lebaran di Rumah Sakit rujukan maupun Rumah Sakit darurat yang ada di setiap Kabupaten/Kota, lantaran dinyatakan positif virus corona.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTB, HL Gita Ariyadi menyampaikan hasil konfirmasi update data Covid-19 hari Sabtu 23 Mei 2020.

Laboratorium RSUD Provinsi NTB dan Laboratorium Genetik Sumbawa Technopark telah memeriksa sebanyak 73 sampel dengan hasil 57 sampel negatif, 6 (enam) sampel positif ulangan, dan 10 (sepuluh) sampel kasus baru positif virus corona.

“Dengan adanya tambahan 10 (sepuluh) kasus baru terkonfirmasi positif, tidak ada tambahan sembuh baru, dan tidak kasus kematian baru, maka jumlah pasien positif virus corona sampai hari ini sebanyak 474 orang, dengan perincian 258 orang sudah sembuh, 8 (delapan) meninggal dunia, serta 208 orang masih positif dan dalam keadaan baik,” ungkapnya melalui rilis resminya, Sabtu 23 Mei 2020.

Untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, petugas kesehatan tetap melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB ini juga memaparkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 1.000 orang dengan perincian 359 orang (36%) PDP masih dalam pengawasan, 641 orang (64%) PDP selesai pengawasan/sembuh, dan 16 orang PDP meninggal.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 5.468 orang, terdiri dari 231 orang (4%) masih dalam pemantauan dan 5.237 orang (96%) selesai pemantauan.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala sebanyak 5.242 orang, terdiri dari 1.792 orang (34%) masih dalam pemantauan dan 3.450 orang (66%) selesai pemantauan.

Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19 sebanyak 58.898 orang, yang masih menjalani karantina sebanyak 3.912 orang (7%), dan yang selesai menjalani masa karantina 14 hari sebanyak 5.4986 orang (93%).

“Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah kepada seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat, yang bertepatan dengan Hari Ahad, 24 Mei 2020. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Minal ‘Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan bathin,” kata dia.

Gita menambahkan, lebaran tahun semua masyarakat menahan untuk berkumpul dan bersilaturrahmi dengan keluarga, saudara dan sahabat serta seluruh kerabat. Ini adalah sikap terbaik dari kita semua untuk menghindari penyebaran Covid-19, senantiasa dapat terus sehat serta dapat melihat senyuman dari orang-orang terdekat dan orang yang kita kasihi walaupun dari jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam upaya pemutusan rantai penularan Covid-19 dengan tetap tinggal di rumah, memakai masker jika keluar rumah dan menghindari kerumunan, physical distancing minimal dua meter, serta selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” ujarnya.

Pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi kepada petugas kesehatan yang tanpa lelah memberikan pelayanan, baik pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat maupun pelayanan pengobatan kepada pasien positif Covid-19 di rumah sakit. (TN-red)

Related Articles

Back to top button
Close