Pariwisata

Bupati Lobar Ajak Pegiat Pariwisata Optimis Hadapi Booming Pasca Pandemi Covid-19

Lombok Barat, Talikanews.com – Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengajak para pegiat pariwisata bersama-sama optimis dan bersiap menghadapi booming pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Ajakan itu disampaikan saat membuka Web Seminar (Webinar) yang digelar Dinas Pariwisata Lombok Barat dengan tema “Peta Potensi Membangun Kemandirian Desa Wisata”, Kamis (14/05).

Dia menyampaikan, hampir tidak ada desa di Lombok Barat yang tidak memiliki potensi sebagai desa wisata, bahkan masing-masing desa memiliki ciri khas walaupun tetap dalam lingkup masyarakat Sasak ditambah dengan kondisi alam dan keadaan geografisnya.

“Saya harapkan para peserta bisa memberikan masukan dan kedepannya bisa membantu mempromosikan apa yang kita petakan di webinar ini,” ungkapnya.

Fauzan juga berharap kegiatan ini tidak hanya sekali dengan melibatkan stakeholder yang lain dan memanfaatkan jaringan masing-masing untuk saling membantu sehingga apa yang dilakukan ini tidak stuck di satu jaringan, sehingga muncul jaringan baru yang bisa mengenal daerah dan ikut mempromosikan daerah ini serta kekayaan budaya di desa-desa di Lombok Barat.

Webinar perdana Bupati itu yang digelar Dinas Pariwisata Lombok Barat ini mendapatkan respon positif karena muncul permintaan supaya kegiatan tersebut kembali di gelar.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat H. Saepul Ahkam mengaku banyak Webinar meminta kegiatan serupa kembali di gelar.

“Ini perlu tindaklanjut dengan Focus Group Discussion melibatkan narasumber lain. Sebanyak 57 desa wisata itu kita akan dampingi untuk melakukan diagnosa potensi dengan pendekatan atraksi, amenitas, dan aksesibilitas, ditambah health, dan hygiene atau kesehatan dan kebersihan.

Dia mengaku kegiatan ini di ikuti puluhan peserta diantaranya perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI @kemenparekraf Bapak Antariksa, Mantan Ketua Percepatan Pariwisata Pedesaan dan Perkotaan Kemenparekraf Dr. Vitria Aryani, Mantan Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB Taufan Rahmadi dan para akademisi, kepala desa, pokdarwis, dan pegiat pariwisata lainnya. (TN-red)

#LombokBaratMantap #SopoqAngenMembangunLombokBarat #BersamaJagaIndonesia #BersatuLawanCovid19

Tags

Related Articles

Back to top button
Close