79.448 Paket Sembako JPS Lotim Tahap Pertama Didistribusikan PD Argo Selaparang

Lombok Timur, Talikanews.com – Sebanyak 79.448 paket Sembako Jaring Pengaman Sosial (JPS) Lotim tahap pertama untuk masyarakat terdampak Covid-19, didistribusikan Perusahaan Daerah Agro Selaparang.

Direktur PD. Agro Selaparang, Sukirman menjelaskan saat ini 70 ribu paket sudah didistribusikan di 19 kecamatan dan desa yang ada di Lotim, sisanya untuk kecamatan Suela dan Sambelia akan diselesaikan hari ini Selasa (12/05).

“Dari 21 Kecamatan, tinggal beberapa desa dari 2 kecamatan yang belum, tapi hari ini akan kita distribukan” ungkapnya, Selasa (12/05) ketika ditemui di kantornya.

Sukirman mengaku dalam pengadaan paket sembako itu, PD. Agro Selaparang melibatkan banyak UMKM Lokal dengan standar yang cukup ketat.

Kendati demikian dirinya tidak menampik bahwa masih ada UMKM lokal yang belum tercover. “Memang tidak semuanya tercover, tapi akan kita roling,” kata dia.

Dia membeberkan beberapa pengusaha yang ditolak lantaran barangnya tidak sesuai spek, seperti beras yang tidak layak konsumsi dan minyak goreng yang tidak sesuai ukuran.

“Kemarin sekitar 4 ton beras saya tolak, karena tidak sesuai standar, selain itu ada juga minyak goreng yang tidak sesuai ukuran juga saya tolak” ujarnya

Sukirman mengaku belum ada keluhan dari masyarakat terhadap kualitas sembako yang dibagikan itu. Kalaupun ada itu hanyalah masalah telur pecah. Karena itulah, dia berpesan kepada pihak kecamatan dan desa untuk mengeceknya ketika sembako itu tiba.

“Meskipun sudah dicek tapi ada puluhan trai yang dikembalikan karena pecah, ya kita ganti,” katanya.

Sukirman menjelaskan bahwa anggaran untuk paket sembako JPS Lotim ini sebesar Rp 37,5 M. Namun tidak memberi jawaban pasti ketika dikonfirmasi apakah dana sebesar itu mampu mengakomodir 70.448 KK yang sudah diusulkan beserta tambahannya yang lain

“Kita lihat nantilah” ucapnya singkat sembari mengatakan “Anggaran untuk paket sembako ini Rp. 37,5 Miliar yang akan didistribusikan selama 3 bulan, April, Mei dan Juni”

Sukirman menambahkan, untuk tahap kedua, Pemda mentargetkan paket sembako itu didistribusikan sebelum hari lebaran tiba, mengingat kebutuhan pokok sangat dibutuhkan pada waktu itu.

“Untuk tahap kedua Pemda meminta supaya dibagikan sebelum lebaran tiba,” tutupnya. (TN-08)

Related Articles

Back to top button