Putus Rantai Covid-19, Dandim 1615/Lotim Dorong Pemberlakuan PSBL dan PSBD

Lombok Timur, Talikanews.com – Komandan Distrik Militeri (Dandim) 1615/Lombok Timur, Letkol. Inf. Agus Prihanto Donny mendukung penuh upaya pemerintah mencegah Covid-19 dengan strategi pembatasan sosial berbasis Desa atau Lingkungan (PSBD/PSBL). Oleh sebab itu, dirinya mendorong pemerintah daerah berlakukan hal tersebut.

Agus Prihanto Donny mengatakan, Kodim 1615/Lotim dan jajaran yang tergabung dalam Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lotim terus bekerja di lapangan dalam mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mendorong pelaksanaan hasil rapat Forkopimda NTB tentang pembatasan sosial berbasis Lingkungan atau Desa

“Kami mendukung penuh hasil rapat Forkompinda agar Kepala Desa dan Kepala Lingkungan memberlakukan PSBD dan PSBL di wilayahnya masing-masing” ungkapnya, Senin (04/05).

Donny menjelaskan, para Babinsa di tiap-tiap desa bersama dengan Babinkamtibmas juga membantu Kapala Desa membagikan paket sembako untuk warga yang berhak menerimanya.

Dia mengapresiasi kinerja Babinsa dan jajarannya yang tak kenal membantu pemerintah dalam memutus penyebaran dan penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

“Sebagai wujud tanggungjawab terhadap tugas pokok sebagaimana diatur dalam Pasal 7 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004” terangnya.

Menurutnya, TNI dalam kondisi apapun selalu siap berada di tengah-tengah rakyat, mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan tugas pokoknya.

Terkait penanganan Covid-19, pihaknya bersama Pemerintah Daerah, Polres maupun instansi terkait bahu-membahu mengimbau dan mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan imbauan dan kebijakan pemerintah.

Mantan Danyonif 742/SWY itu juga menginstruksikan para Danramil dan Babinsa untuk mendorong Camat dan Kades serta Kadus atau Kepala Lingkungan untuk melakukan isolasi secara mandiri di tingkat desa/dusun atau lingkungan.

Termasuk mengadakan patroli malam oleh Badan Keamanan Desa (BKD) bersama para pemuda setempat sehingga akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama melawan Covid-19

“Kami juga menginstruksikan Babinsa untuk mendorong para Camat dan Kades agar menegur masyarakat yang tidak tidak taat pada imbauan pemerintah” tutupnya. (TN-08)

Related Articles

Back to top button