Peduli Tenaga Medis, Satgas Lawan Covid-19 DPRD NTB Salurkan APD ke RSUD Provinsi

Mataram, Talikanews.com – Bentuk kepedulian terhadap para tenaga medis. Tim Satuan Tugas Lawan Covid-19 DPRD NTB menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa Baju sebanyak 50 pcs, kacamata google 20 pcs, Masker medis 1000 pcs, alat rapid test 25 pcs ke Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB. Sekaligus sampaikan amanah dari Partai Golkar.

Bidang Pengawas Internal Satgas Lawan Covid-19 DPRD NTB, TGH Mahally Fikri menegaskan, tim ini dibagi berdasarkan jumlah daerah penyebaran Covid-19 dengan kasus tinggi. Langkah ini sebagai bentuk aksi nyata DPRD NTB ikut membantu dalam pencegahan penyebaran virus.

“Kita berharap dengan kerja kolektif semua wabah virus corona ini segera selesai,” ungkapnya, Senin (04/05) saat menyerahkan APD di RSUD Provinsi NTB.

Menurut politisi Partai Demokrat ini, Pulau Lombok merupakan epicentrum penyebaran tertinggi dibanding pulau Sumbawa. Sehingga, Satgas lebih memperioritaskan distribusi APD dan obat-obatan lebih banyak di Pulau Lombok.

“Sekitar 80 persen kasusnya ada di Lombok,”kata dia.

Mahally mengaku, langkah ini wujud peduli wakil rakyat terhadap kondisi pandemi Covid-19, sehingga dirinya juga meneruskan amanah Satgas Lawan Covid-19 DPR RI.

“Manfaatkan lah APD dengan sebaiknya, kami yakin sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Ketua Komisi V, didampingi wakil koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPRD NTB HL Budi Suryata dan TGH Patompo Adnan, menjelaskan, penyaluran APD ini berdasarkan hasil kunjungan beberapa waktu lalu ke Rumah Sakit, sekalian investigasi sejauhmana kesiapan pihak Rumah Sakit menangani pasien Covid-19, dari pantauan dinilai cukup siap kalaupun belum pada puncak, namun harus punya sarana yang memadai.

“Kalau di lihat dari kondisi kesiapan, sangat mencukupi, namun perlu antisipasi jika terjadi lonjakan maka mereka membutuhkan APD. Tidak elok RS yang kita banggakan jika sarana tidak siap,” cetusnya.

Yang jelas lanjut Mahally, semua RS rujukan Covid-19 di NTB diberikan bantuan APD tersebut, termasuk Rumah Sakit Secondline.

Terkait hal itu, Wakil Direktur Bidang Pelayanan, RSUD Provinsi NTB, dr H Agus Rusdhy Hariawan mengucapkan terima kasih dan apresiasi langkah Anggota DPRD NTB yang peduli terhadap tenaga medis dengan memberikan bantuan APD.

“Adanya bantuan APD dari para donatur sangat membantu karena saat ini yang paling dibutuhkan adalah APD,” terang dia.

Dia menghimbau kepada para donatur yang ingin memberikan bantuan agar terlebih dahulu menghubungi posko Covid-19 RSUD Provinsi NTB untuk bisa dijelaskan apa saja kebutuhan yang dibutuhkan oleh tenaga medis.

“Saat ini kita sangat butuhkan APD karena NTB zona merah, sehingga penanganan terhadap pasien sesuai dengan level dan tetap menggunakan APD,” ujarnya.

Rusdhy menambahkan, jika ada kelebihan sumbangan yang diberikan oleh para donatur, pihaknya akan didistribusikan ke Rumah Sakit lainnya yang membutuhkan. (TN-red)

Related Articles

Back to top button