Meskipun Telur JPS Gemilang Busuk, Pemdes Pringga Jurang Utara Tetap Distribusikan ke Masyarakat

Foto: Ilustrasi (net)

Lombok Timur, Talikanews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Pringga Jurang Utara, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur tetap mendistribusikan paket Sembako Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang, meskipun item telurnya kondisi rusak dan busuk.

Salah satu warga Desa Pringga Jurang Utara, Qodri menuturkan bahwa rata-rata telur yang diterima oleh masyarakat sudah rusak dan busuk, bahkan dari 20 butir telur yang diterima hanya 2 yang bisa diambil.

“Telur bantuan yang diterima masyarakat rata-rata sudah rusak dan busuk. Dari 20 butir hanya 2 butir bisa diambil,” ungkapnya . Minggu (03/05).

Dikatakan Qodri, disamping kurangnya pengawasan dari pemerintah desa, tidak memberitahu kepada masyarakat bahwa sebagian besar telur yang diterima itu sudah rusak, sehingga masyarakat lebih memilih untuk membuangnya daripada protes ke pihak Desa.

“Pihak desa tidak menginformasikan kepada warga jika ada yang rusak, busuk dan kurang yang diterima” tuturnya.

Terkait hal itu, Sekertaris Desa (Sekdes) Pringga Jurang Utara, M. Hasan Anshori mengatakan tidak mengetahui jika telur yang diterima masyarakatnya banyak yang rusak karena belum ada satupun masyarakat yang mengadukan hal itu.

Lebih jauh Anshori menuturkan bahwa setelah JPS Gemilang itu diterima pihak Desa langsung didistribusikan ke kepala wilayah (Kawil/kadus) untuk selanjutnya dibagi ke masing-masing RT.

“Sebelum dibagikan ke masyarakat, disortir dulu oleh kepala wilayah, dan memang di masing-masing wilayah menemukan 5 sampai enam trai yang rusak” kata dia.

Salah satu staf Desa Pringga Jurang Utara, Jaka juga membenarkan adanya telur yang rusak itu dan mengatakan bahwa pihak penyedia akan menggantinya jika ada telur yang ditemukan rusak.

“Akan tetapi, seperti instruksi dari suplayer ketika ada yang rusak siap diganti, dengan dokumentasi telur yang rusak itu serta berapa jumlahnya,” pungkas Jaka. (TN-08)

Related Articles

Back to top button