Kota Mataram Siap Berlakukan PCBL untuk Putus Penyebaran Wabah Covid-19

Mataram, Talikanews.com – Pemerintah Kota Mataram menolak tawaran Gubernur NTB, untuk berlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Hal itu disebabkan karena, pusat Ibukota Provinsi NTB ini lebih memilih berlakukan Penanganan Covid Berbasis Lingkungan (PCBL) untuk memutus Penyebaran virus corona itu.

Tim Satgas Covid-19 Kota Mataram, I Nyoman Swandiasa menyampaikan, Kota Mataram akan melakukan PCBL dengan cara membagi 50 ribu Masker untuk masyarakat. Bahkan, Masker tersebut sudah mulai dibagi sejak hari Selasa lalu.

“PCBL ini sudah disusun keterlibatan unsur-unsur dan tugas dalam SK Walikota, dan akan mulai diterapkan hari Jumat mendatang,” ungkapnya, Minggu (03/05).

Dia menjelaskan bahwa, PCBL tersebut merupakan kegiatan dari oleh untuk masyarakat dalam hal membangun partisipasi masyarakat upaya penanggulangan corona. “Soal sanksi bagi masyarakat yang tidak mengindahkan PCBL, dirumuskan dalam awig-awig Lingkungan setempat,” kata dia.

Yang jelas, lanjut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram itu bahwa, Pemda sudah menyiapkan siapkan anggaran untuk kegiatan pencegahan covid-19 tersebut.

Pemberlakuan PCBL itu melihat angka positif virus corona di Kota Mataram mencapai 86 kasus data update tanggal 3 Mei 2020, sebanyak 68 orang dalam perawatan, dan 16 orang sembuh. Sedangkan pasein meninggal dunia sebanyak 2 orang.

Pemberlakuan PCBL itu rencananya launching hari Jumat tanggal 8 Mei 2020. Adapun kesiapan hampir 100 persen.

Nyoman menambahkan data OTG 385, PDP sebanyak 149 masih pengawasan, 52 orang selesai dalam pengawasan. Untuk data ODP sebanyak 118 masih pemantauan, 447 selesai dalam pemantauan. (TN-red)

Related Articles

Back to top button