Satgas Covid-19 Loteng Pulangkan 63 Jamaah Kluster Gowa

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pasca dilakukan isolasi terhadap jamaah tabligh klaster Gowa, Sulawesi Selatan. Tim Satgas Covid-19 Loteng, Nusa Tenggara Barat, pulangkan 63 orang jamaah tabligh ke rumahnya masing-masing pada Rabu 29 April 2020.

“Tim medis menyatakan ke 63 orang jamaah tabligh kluster Gowa ini sudah dinyatakan aman, tidak terkontaminasi virus corona. Pemulangan itu setelah melalui isolasi di Illira Lite Hotel dan tes Swab hasilnya negatif,” ungkap Bupati Loteng, H. Moh Suhaili FT di rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di Pendopo bersama Kapolres Loteng, Dandim 1620/Loteng, Ketua MUI Loteng, Ketua IDI dan Semua OPD Lingkup Pemda Loteng.

Suhaili berpesan kepada semua jajarannya agar tidak terlena, karena saat ini masih ada kluster baru yakni kluster Magetan Temboro yang sudah di ambil sampel rapid tesnya sebanyak 43 orang.

“Kita harus menjadi garda terdepan secara bersama-sama bukan hanya para medis saja,”kata dia.

Bupati menyinggung bahwa, masih ada unsur pemeritah seperti Kepala Dinas yang belum responsif terhadap situasi pandemi, terlihat kurangnya rasa greget akibat kurang pemahaman satu langkah bersama.

“Harusnya kita lebih greget dan satu langkah bersama dalam memutus rantai penularan Covid-19 ini,” cetusnya.

Terkait data itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah H. Omdah memastikan 63 orang klaster Gowa itu dipulangkan besok pagi.

“Kita bersyukur karena hasil 2 kali pemeriksaan swab, 63 orang kluster Gowa itu hasilnya negatif itu artinya besok pagi sudah bisa kita pulangkan,” jelas Omdah

Kalaupun dipulangkan, mereka harus tetap jaga jarak dengan keluarga dan masyarakat sekitar sesuai protokol Covid-19. (TN-03)

Related Articles

Back to top button