Bertambah 38 Positif Covid-19 di NTB, Total 153 Orang, Sebanyak 15 Sembuh, Tersisa 134 Tepapar Virus Corona

Mataram, Talikanews.com – Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB mengumumkan penambahan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 38 kasus, Kamis malam (23/4).

“Telah diperiksa 120 sampel dengan hasil 80 sampel negatif, 2 (dua) pasien sampel ulangan positif, dan 38 sampel kasus baru positif Covid-19,” ungkap Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas NTB, H Lalu Gita Ariadi, Kamis malam (23/4).

Dia mengatakan, berdasarkan data Gugus Tugas NTB, 38 kasus baru tersebut tersebar di Lombok Barat 5 orang, Dompu 23 orang, Sumbawa 1 orang dan Kota Mataram 9 orang. Data menyebutkan seluruh kasus baru tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan

Sekda NTB ini juga menyampaikan, selain penambahan 38 kasus positif baru, NTB juga mencatat empat angka kesembuhan pada Kamis (23/4).

Selain adanya kasus baru, hari ini juga terdapat 4 (empat) orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah pemeriksaan laboratorium swab dua kali dan keduanya negatif,” kata Gita.

Keempat orang yang telah sembuh tersebut, antara lain, pasien nomor 37, inisial NLEY (46) perempuan, warga Ampenan Kota Mataram. Kemudian Pasien nomor 07, inisial M, (59) laki-laki, warga Kota Mataram. Saat ini sudah dalam keadaan sehat. Pasien nomor 3, inisial DAR, (15)perempuan, warga Monjok Kota Mataram. Saat ini sudah dalam keadaan sehat.

Pasien nomor 29, inisial FYT (15), perempuan, warga Sekarbela Kota Mataram. Saat ini sudah dalam keadaan sehat. Penambahan empat pasien sembuh ini membuat secara komulatif angka kesembuhan di NTB hingga Kamis (23/4) menjadi 15 kasus.

“Dengan adanya tambahan 38 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19, 4 (empat) orang dinyatakan sembuh, dan tidak ada kematian baru, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini (23/4/2020) sebanyak 153 orang, dengan perincian 15 orang sudah sembuh, 4 (empat) meninggal dunia, serta 134 orang masih positif,” katanya.

Menurutnya, untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, petugas kesehatan tetap melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah selama masa pandemi Covid-19 ini.

Apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam upaya pemutusan rantai penularan Covid-19 dengan tetap tinggal di rumah, memakai masker jika keluar rumah dan menghindari kerumunan, physical distancing minimal dua meter, serta selalu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

“Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” katanya.

Pemerintah Provinsi menyediakan laman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 http://corona.ntbprov.go.id, serta layanan Provincial Call Centre (PCC) Penanganan Penyebaran Pandemik Covid-19 NTB  di nomor 0818 0211 8119. (TN-red)

Related Articles

Back to top button