Pendidikan

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Dikbud NTB Berlakukan PPDB Full Online

Mataram, Talikanews.com – Situasi pandemi Covid-19 semakin merebah. Demi antisipasi penyebaran wabah virus corona itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB berlakukan layanan sistem PPDB full online atau PSB online tahun ajaran 2020/2021.

Kepala Dikbud Provinsi NTB, Dr H Aidy Furqon mengatakan, tahun ajaran 2020/2021 ini, berlakukan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) terhadap calon siswa/siswi SMA/SMK gunakan sistem online.

“Ini cara kita antisipasi penyebaran wabah virus corona di NTB,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, adanya PPDB berbasis online ini tidak lepas dari basis zonasi bagi Sekolah Menengah Atas Negeri. Pada aplikasi online tersebut, ada penambahan fitur untuk verifikasi berkas persyaratan calon siswa/siswa baru itu, karena tidak ada pertemuan, sehingga syarat tersebut hasil scanner kemudian upload di aplikasi, misal Kartu Keluarga (KK), Rapot, Surat Keterangan Lulus (SKL) dan syarat lain sebagainya.

“Untuk pendaftaran di SMK, ada kreteria tertentu, karena calon siswa/siswa itu tidak boleh buta warna, namun disiapkan dua pola, bisa gunakan surat keterangan Puskemas, dan boleh tes langsung tapi, jadwal tes diatur,” kata dia.

Yang jelas lanjutnya, pihak Sekolah diberikan kesempatan tes kesehatan mata terhadap calon siswa didik selama mengatur jadwal, jangan berkerumunan.

“Rentan waktu PPDB tahun ini agak panjang, bisa sampai bulan Mei itu proses sosialisasi saja, sedangkan pendaftaran bulan Juni,” ujarnya.

Aidy Furqon menjelaskan, alasan untuk tingkat SMA menggunakan sistim Zonasi karena jurusannya sama yakni IPA, IPS dan Bahasa.

Sementara untuk tingkat SMK, memiliki jurusan yang berbeda-beda, seperti ada SMK jurusan perkantoran, kecantikan, tata boga. Ada juga jurusan Mesin Otomotif, Kelistrikan, Mesin Perkakas dan lainn sebagainya sesuai minat dan bakat calon siswa.

“Saat ini masih proses sosialisasi, pembukaan PPDB pada bulan Juni,” tutupnya (TN-red)

Tags

Related Articles

Back to top button
Close