1.010 Hasil Contact Tracing di Lotim, 34 Orang Klaster Gowa Rapid Testnya Reaktif

Lombok Timur, Talikanews.com – Satuan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Timur, telah melakukan rapid test terhadap 1.010 orang berdasarkan hasil contact tracing pasien positif Covid-19. Alhasil, sebanyak 34 orang hasil rapid test reaktif dan itu khusus klaster Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.

Jubir Satgas Covid-19 Lotim, Dr. H. Pathurrahman menjelaskan, berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan dan tim medis Covid-19 yang ada di puskesmas setempat, per tanggal 21 April 2020, total orang yang sudah di rapid test di Lotim sebanyak 1. 010 orang, hasilnya 58 orang menunjukkan reaktif.

“Dari 1.010 orang yang di rapid test itu, 126 klaster Gowa, 34 orang diantara 126 itu menunjukkan hasil reaktif,” ungkapnya, Selasa (21/04) di Lotim.

Melihat angka kasus Positif dan kasus PDP yang terus bertambah, Pathurrahman mengaku, data ini akan terus mengalami perubahan seiring adanya temuan-temuan baru oleh tim satuan gugus tugas (Satgas) Covid-19 di lapangan.

“Ini adalah data sementara, tidak menutup kemungkinan akan terjadi perubahan” kata dia.

Untuk diketahui, lanjut Pathurrahman, dari jumlah 1.010 orang itu merupakan hasil kontak erat pasien positif covid-19 yang ada di Lotim mulai dari pasien 01 sampai pasien nomor 14.

Terhadap orang yang hasil rapid testnya reaktif, tim Covid-19 Lotim langsung naikkan statusnya menjadi pasien dalam pengawasan (PDP).

“Apabila PDP yang bersangkutan memiliki gejala sedang dan berat langsung dirawat intensif di RSUD Selong, jika gangguan bergejala ringan iya dikarantina yang terpusat di Rusunawa Labuhan Lombok,” tutupnya (TN-08).

Related Articles

Back to top button